Produksi Pabrik Jepang Anjlok, Timbulkan Keraguan Tentang Laju Pemulihan Ekonomi



KONTAN.CO.ID - TOKYO. Produksi pabrik Jepang anjlok di bulan Agustus 2024 turun 3,3% dibanding bulan sebelumnya. Hal tersebut didorong oleh gangguan akibat topan dalam produksi kendaraan bermotor dan penjualan ke Amerika Serikat (AS) yang lemah. 

Alhasil, pemerintah dan analis memperingatkan tentang prospek yang lemah yang meningkatkan rintangan untuk pemulihan ekonomi Jepang yang solid.

Senin (30/9), Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) merilis, produksi industri turun 3,3% pada bulan Agustus 2024. Data ini lebih buruk dari perkiraan rata-rata pasar untuk penurunan 0,9%.


"Dengan mempertimbangkan faktor-faktor luar negeri, sulit untuk mengharapkan peningkatan produksi yang signifikan dalam waktu dekat, dan laju pemulihan akan tetap moderat," kata Shungo Akimoto, ekonom pasar di Mizuho Securities.

Produksi kendaraan bermotor turun 10,6% pada bulan Agustus dibandingkan dengan bulan lalu, karena Topan Shanshan yang memaksa sejumlah produsen mobil untuk menghentikan operasi, kata seorang pejabat METI. 

Baca Juga: Bursa Asia Bervariasi di Pagi Ini (30/9), Indeks Nikkei 225 Anjlok Lebih dari 4%

Skandal sertifikasi produsen mobil, yang menyebabkan penghentian produksi tiga model di dalam negeri, juga memberikan tekanan pada produksi kendaraan bermotor.

"Penjualan mobil yang lemah di AS mungkin juga telah menekan produksi kendaraan bermotor," kata Takeshi Minami, kepala ekonom di Norinchukin Research Institute.

Mesin produksi juga turun, termasuk mesin pembuat chip yang turun tajam sebesar 18,7% dari bulan ke bulan pada bulan Agustus. 

METI mengaitkan penurunan tersebut dengan melemahnya permintaan luar negeri, dengan ekspor ke Taiwan turun secara signifikan.

Meskipun produsen yang disurvei oleh METI memperkirakan produksi yang disesuaikan secara musiman akan meningkat 2,0% pada bulan September dan meningkat 6,1% pada bulan Oktober, perkiraan produksi tersebut cenderung lebih kuat daripada hasil aktual.

Produksi Juli-September akan lebih rendah daripada kuartal kedua bahkan jika produksi September tumbuh seperti yang diantisipasi, kata seorang pejabat METI.

"Beban pada produksi secara bertahap terangkat, tetapi ada rasa ketidakpastian yang kuat ketika kami berpikir tentang apakah kami dapat memiliki prospek yang cerah di masa mendatang," kata pejabat tersebut.

Baca Juga: Pesanan Merosot, Sektor Manufaktur China Jatuh ke Level Kontraksi

Data terpisah menunjukkan penjualan ritel Jepang naik 2,8% pada bulan Agustus dari tahun sebelumnya, di atas perkiraan pasar rata-rata untuk kenaikan 2,3%.

Dibandingkan dengan bulan sebelumnya, penjualan ritel naik tipis 0,8% pada bulan Agustus, menyusul kenaikan 0,2% pada bulan Juli, data menunjukkan.

Ekonomi Jepang tumbuh 2,9% per tahun pada kuartal kedua karena kenaikan upah yang stabil mendukung belanja konsumen. Belanja modal terus tumbuh, meskipun permintaan yang lemah di Tiongkok dan pertumbuhan AS yang melambat mengaburkan prospek negara yang bergantung pada ekspor tersebut.

Selanjutnya: Erik Ten Hag dalam Tekanan Berat Pasca Kekalahan Memalukan dari Tottenham Hotspur

Menarik Dibaca: 3 Promo McD Hari Ini 30 September 2024, Pesan 2 Paket Panas Rp 50.000

Editor: Anna Suci Perwitasari