Produsen bir perbesar pasar lewat piala dunia



BRUSSELS. Perhelatan Piala Dunia 2014 menjadi sasaran bagi para industri untuk menggenjot pendapatannya tak terkecuali para produsen bir. Anheuser-Busch (AB) InBev, salah satu produsen terbesar bir di dunia ini berharap, turnamen sepakbola yang berlangsung empat tahun sekali ini bisa memperbesar pangsa pasarnya.AB InBev telah menjadi sponsor piala dunia sejak 1986. Produsen bir bermerek Budweiser sudah menguasai duapertiga pangsar pasar bir di Brasil. Brasil merupakan salah satu pasar baru bagi produsen bir ini.Untuk menggenjot penjualan ini, AB InBev telah mengalokasikan dana pemasaran berkisar US$ 600 juta hingga US$ 1 miliar. Berdasarkan Sports Sponsorhip Insider, AB InBev telah mengeluarkan dana sebesar US$ 120 juta hingga US$ 160 juta untuk menjadi sponsor Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dan Piala Dunia 2014. Bertepatan dengan hajatan Piala Dunia 2014 ini, Budweiser dikemas dengan botol bernuasa piala dunia. Produsen ini juga bekerjasama dengan Fox Sport untuk menyiarkan film dokumenter seputar sepakbola dan mengadakan kuis pemilihan pemain terbaik untuk setiap pertandingan.Para analis memperkirakan, konsumsi bir selama Piala Dunia 2014 akan meningkat 1% hingga 2% menjadi sekitar 1,2 juta hektoliter hingga 2,4 hektoliter. Riset Bernstein memperkirakan, konsumsi bir akan melonjak 3% jika tuan rumah Brasil menjadi juara Piala Dunia 2014.Konsumsi bir di Amerika Latin sendiri meningkat berkisar 3% hingga 4% dalam lima tahun terakhir. Pertumbuhan konsumsi terbesar terutama untuk bir premium seperti Budweiser.Secara global, penguasa pasar bir premium adalah Heineken. Perusahaan ini menguasai 20% pasar internaional. Namun, konsumsi Budweiser juga terus bertambah.


Editor: Edy Can