JAKARTA. Produsen elektronik sudah mulai menghitung penjualan sepanjang semester pertama tahun ini. Kenaikan penjualan terbesar PT Hartono Istana Teknologi, produsen Polytron, justru terjadi pada produk DVD yang mencapai 25%. Manajer Hubungan Masyarakat dan Pemasaran Polytron, Santo Kadarusman mengatakan, gaya hidup masyarakat yang gemar menonton di rumah ketimbang di bioskop telah mendongkrak penjualan DVD. Pesta piala dunia nyatanya membawa berkah bagi penjualan produk video Polytron. Pada bulan April 2010 silam Polytron melansir LCD. Hingga kini, produk tersebut telah laku 10.000 unit; sehingga total produk TV Polytron mengalami kenaikan 15%. Sementara itu, penjualan produk audio Polytron yang tumbuh 10% serta penjualan dispenser, AC, dan mesin cuci yang tumbuh tak lebih dari 5%. Polytron memperkirakan, penjualan elektronik pada semester II-2010 semakin bergairah seiring dengan membaiknya perekonomian. "Kami berharap penjualan masing-masing produk naik sekitar 5% sampai 25%," tutur Santo. Demi meraih target ini, Polytron akan meluncurkan total 12 produk baru tahun ini. Pada pasar LCD, Polytron akan memusatkan konsentrasinya pada pasar 22 inci dan 32 inci. Sementara pada produk perkakas rumah, Polytron akan banyak merilis produk hemat energi. Contoh produk ini misal AC 0,5PK berdaya 320 watt (w) dan lemari es satu pintu berdaya 65 w.Pasar elektronik yang bergairah pun dirasakan oleh PT LG Electronics Indonesia. Divisi TV LG misalnya, sepanjang semester I-2010 lalu berhasil membukukan penjualan Rp 550 miliar. Penjualan terbesar terjadi pada bulan Mei hingga Juni yang mencapai Rp 126 miliar. TV 21 inci merupakan kontributor penjualan terbesar dengan sumbangan 80%.Semester II-2010 nanti, LG optimistik penjualan TV akan mencapai Rp 750 miliar. "Puasa dan lebaran akan mendorong konsumen membeli TV baru untuk keluarga," ujar Lim Erwin, Manajer Produk TV LG. Agar target ini terealisir, LG akan merilis tiga seri baru TV 21 inci di kuartal kedua. Menurut data sementara Electronic Marketer Club (EMC), sepanjang enam bulan pertama tahun ini penjualan elektronik mencapai Rp 11,8 triliun, atau naik 20%. EMC memprediksi penjualan industri elektronik tahun ini akan tembus Rp 25 triliun, atau tumbuh 20%. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Produsen Elektronik Menghitung Penjualan Semester I
JAKARTA. Produsen elektronik sudah mulai menghitung penjualan sepanjang semester pertama tahun ini. Kenaikan penjualan terbesar PT Hartono Istana Teknologi, produsen Polytron, justru terjadi pada produk DVD yang mencapai 25%. Manajer Hubungan Masyarakat dan Pemasaran Polytron, Santo Kadarusman mengatakan, gaya hidup masyarakat yang gemar menonton di rumah ketimbang di bioskop telah mendongkrak penjualan DVD. Pesta piala dunia nyatanya membawa berkah bagi penjualan produk video Polytron. Pada bulan April 2010 silam Polytron melansir LCD. Hingga kini, produk tersebut telah laku 10.000 unit; sehingga total produk TV Polytron mengalami kenaikan 15%. Sementara itu, penjualan produk audio Polytron yang tumbuh 10% serta penjualan dispenser, AC, dan mesin cuci yang tumbuh tak lebih dari 5%. Polytron memperkirakan, penjualan elektronik pada semester II-2010 semakin bergairah seiring dengan membaiknya perekonomian. "Kami berharap penjualan masing-masing produk naik sekitar 5% sampai 25%," tutur Santo. Demi meraih target ini, Polytron akan meluncurkan total 12 produk baru tahun ini. Pada pasar LCD, Polytron akan memusatkan konsentrasinya pada pasar 22 inci dan 32 inci. Sementara pada produk perkakas rumah, Polytron akan banyak merilis produk hemat energi. Contoh produk ini misal AC 0,5PK berdaya 320 watt (w) dan lemari es satu pintu berdaya 65 w.Pasar elektronik yang bergairah pun dirasakan oleh PT LG Electronics Indonesia. Divisi TV LG misalnya, sepanjang semester I-2010 lalu berhasil membukukan penjualan Rp 550 miliar. Penjualan terbesar terjadi pada bulan Mei hingga Juni yang mencapai Rp 126 miliar. TV 21 inci merupakan kontributor penjualan terbesar dengan sumbangan 80%.Semester II-2010 nanti, LG optimistik penjualan TV akan mencapai Rp 750 miliar. "Puasa dan lebaran akan mendorong konsumen membeli TV baru untuk keluarga," ujar Lim Erwin, Manajer Produk TV LG. Agar target ini terealisir, LG akan merilis tiga seri baru TV 21 inci di kuartal kedua. Menurut data sementara Electronic Marketer Club (EMC), sepanjang enam bulan pertama tahun ini penjualan elektronik mencapai Rp 11,8 triliun, atau naik 20%. EMC memprediksi penjualan industri elektronik tahun ini akan tembus Rp 25 triliun, atau tumbuh 20%. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News