Produsen mobil mewah mencatatkan peningkatan penjualan di 2010



JAKARTA. Total penjualan mobil penumpang premium nasional yang diisi enam merek hingga Desember 2010 mencapai 5.327 unit. Angka tersebut meningkat dari tahun 2009 lalu yang hanya mencapai 4.000 unit. Sejumlah Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mobil mewah mengaku berhasil mencatatkan peningkatan penjualan di sepanjang tahun lalu.

PT Garuda Matara Motor (GMM) ATPM merek Audi, misalnya, cukup berkibar di pasar global tahun lalu dengan berhasil membukukan penjualan sebanyak 1,09 juta unit. Angka ini meningkat hingga 15% dibandingkan tahun 2009. Di China, Audi menjual 227.938 unit, sedangkan di Amerika serikat mencapai 100.000 unit. Audi di Eropa berhasil mencatat penjualan tertinggi dibandingkan merek lain, yakni 643.300 unit.

General Manager PT Garuda Mataram Motor, Imelda Muhidin bilang, untuk mobil jenis premium saat ini Audi Menguasai 3% hingga 4% pasar. Pada tahun 2010 lalu Audi menjual sebanyak 200 unit mobil atau meningkat 32% dibanding tahun 2009. Kompsisi penjualannya yakni 50% penjualan jenis sedan AQ4, sedangkan 20% jenis A6, dan selebihnya sedan jenis AQ7.


Imelda mengakui Audi hanya berhasil menguasai pasar di peringkat ke tiga. Peringkat pertama masih dipegang oleh Mercedes-Benz dan peringkat dua adalah BMW. "Memang kami harus lebih fokus membangun brand building, dan memperkuat layanan after sales sehingga penjualan ikut terdongkrak," tuturnya. Sementara itu, CEO PT Mercedes-Benz Indonesia Rudi Borgenheimer menyatakan, peningkatan pertumbuhan penjualan Mercedes-Benz sejalan dengan laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Sepanjang tahun lalu, total penjualan mobil Mercedes mencapai 4.730 unit. Angka ini naik 37% dibandingkan tahun 2009 lalu yang hanya sebesar 3.446 unit.

Mercedes Benz Indonesia menguasai 67% mobil-mobil premium. Pada segmen mobil penumpang premium Mercedes-Benz telah meningkatkan penjualan ritel sebanyak 3.589 unit, dengan penguasaan pasar mencapai 67%. Sumbangan terbesar penumpang Mercedes-Benz sepanjang tahun 2010 diberikan oleh E-Class yang meraih angka penjualan 1.565 unit. E-Class berhasil memantapkan posisinya sebagai pemimpin pasar di segmennya dengan market share 79,5%. "Tahun 2011 ini E-Class akan jadi andalan," ungkap Rudi.Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur PT BMW Indonesia bilang, penjualan sepanjang tahun 2010 tercatat sebagai penjualan dengan tingkat tertinggi dalam kurun waktu satu dekade terakhir. BMW Indonesia mencatat penjualan 1.240 unit atau meningkat 38% dibanding penjualan tahun 2009 yang sebesar 901 unit. Sejumlah varian yang menjadi andalan adalah jenis sport utility vehicle (SUV) model X yang terdiri dari BMW X5, X6, X3, dan X1. Produk tersebut tercatat sebagai model dengan tingkat kenaikkan penjualan tertinggi. "Penjualan BMW X5 meningkat 126% sedangkan penjualan tahun menjadi 122 unit," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie