KONTAN.CO.ID - Tren aliansi di industri otomotif global semakin marak. Kolaborasi bisnis ini juga berpengaruh terhadap model bisnis agen pemegang merek di Indonesia. Diantaranya, aliansi antara Nissan dengan Mitsubishi, dan terbaru Mazda dengan Toyota. Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Astra Toyota Motor mengatakan, ia belum tahu pasti seperti apa bentuk aliansi Toyota dengan Mazda di Indonesia. "Tetapi teknologi Mazda seperti SkyAktiv dan lainnya, mungkin saja suatu saat bisa dikombinasikan dengan teknologi Toyota," kata Soerjopranoto, Kamis (10/8). Ia mencontohkan, saat Toyota berkolaborasi dengan Daihatsu sudah menghasilkan beberapa produk. Wujudnya meriset kebutuhan-kebutuhan pengembangan produk untuk negara-negara berkembang.
Produsen otomotif bentuk aliansi bisnis
KONTAN.CO.ID - Tren aliansi di industri otomotif global semakin marak. Kolaborasi bisnis ini juga berpengaruh terhadap model bisnis agen pemegang merek di Indonesia. Diantaranya, aliansi antara Nissan dengan Mitsubishi, dan terbaru Mazda dengan Toyota. Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Astra Toyota Motor mengatakan, ia belum tahu pasti seperti apa bentuk aliansi Toyota dengan Mazda di Indonesia. "Tetapi teknologi Mazda seperti SkyAktiv dan lainnya, mungkin saja suatu saat bisa dikombinasikan dengan teknologi Toyota," kata Soerjopranoto, Kamis (10/8). Ia mencontohkan, saat Toyota berkolaborasi dengan Daihatsu sudah menghasilkan beberapa produk. Wujudnya meriset kebutuhan-kebutuhan pengembangan produk untuk negara-negara berkembang.