KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Instellar dan IKEA Social Entrepreneurship resmi mengumumkan kelanjutan kemitraan untuk mendukung perkembangan ekosistem kewirausahaan sosial di Indonesia. Setelah berhasil menyelesaikan gelombang pertama pada Juni 2023, Program Instellar dan IKEA Social Entrepreneurship Accelerator (I-SEA) menggelar gelombang kedua (cohort 2) untuk mendukung wirausaha sosial di bidang pertanian dan akuakultur (budidaya perairan) berkelanjutan, serta ekonomi sirkular di Indonesia, guna memperkuat bisnis dan memperluas dampak bisnis mereka. “Kami senang dapat melanjutkan kerja sama dengan IKEA Social Entrepreneurship dan bersemangat untuk membuka I-SEA Cohort 2. Indonesia mempunyai potensi besar di sektor pertanian. Melalui program I-SEA, wirausaha sosial di bidang pertanian dan budidaya perikanan berkelanjutan tidak hanya dapat meningkatkan nilai bisnis, namun memperluas dampak positif bisnis mereka secara sosial dan lingkungan,” ujar Romy Cahyadi, Chief Executive Officer Instellar dalam siaran persnya, Senin (11/9).
Baca Juga: IKEA Indonesia Berkomitmen untuk Terus Mendukung UMKM di Indonesia Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sektor pertanian mengalami pertumbuhan positif, baik dari segi lapangan usaha maupun kontribusinya terhadap perekonomian Indonesia pada kuartal I-2023. Berdasarkan data BPS, sektor pertanian (termasuk kehutanan dan perikanan) berkontribusi signifikan sebesar 11,7% terhadap perekonomian Indonesia dan menyumbang 25,8% lapangan kerja, mengacu data Organisasi Buruh Internasional (ILO). I-SEA adalah program berdurasi 16 bulan yang memberikan dukungan bisnis, peluang berjejaring, dan akses pendanaan melalui empat tahap. Pertama, proses pendaftaran dan seleksi. Bagi yang berminat untuk berpartisipasi bisa langsung mengisi formulir dan mendaftar di https://isea.instellar.id/register. Pendaftaran dibuka mulai 11 September-31 Oktober 2023. Sepuluh wirausaha sosial akan dipilih untuk mengikuti program ini. Baca Juga: Instellar & IKEA Social Entrepreneurship Perkuat Kolaborasi dengan Perusahaan Sosial Kedua, Launchpad yang memperkenalkan mitra program dan peserta serta mempersiapkan mereka sebelum memasuki tahap Growth and Impact Hack. Tahap Growth and Impact Hack bertujuan untuk membangun kapasitas untuk meningkatkan skala, dan menjajaki peluang investasi, kemitraan, kolaborasi, dan pembelajaran. Selama fase ini, wirausaha sosial menerima dukungan khusus dari IKEA serta mentor dan pakar eksternal. Pada tahap keempat dan final, Show and Tell, setiap wirausaha sosial didukung untuk menyempurnakan rencana dan mempromosikan bisnis, serta menghasilkan kampanye unik untuk berbagi kisah mereka melalui acara puncak, yakni Impact Business Days.