Program Pepsodent Sekolah Sehat x Alfamart: Edukasi Tingkatkan Kesehatan Gigi & Mulut



KONTAN.CO.ID - Guna meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut kepada sebanyak mungkin anak Indonesia, Pepsodent bersama Alfamart mempersembahkan program ”Pepsodent Sekolah Sehat x Alfamart” sebagai bagian dari penyelenggaraan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2023. Upaya kolaboratif yang diresmikan di SDN Cijantra I & III Tangerang, Banten ini terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan dengan target menjangkau 100.000 siswa/i di 250 Sekolah Dasar yang tersebar di 12 kota di berbagai wilayah Indonesia.

Distya Tarworo Endri, Head of Marketing Oral Care & Professional Marketing Unilever Indonesia menerangkan, “Selama lebih dari 75 tahun, Pepsodent terus mewujudkan tujuan mulia untuk mendukung edukasi serta perawatan gigi dan mulut, salah satunya melalui penyelenggaraan BKGN setiap tahunnya.

Di 2023, BKGN mengangkat tema ‘Senyum Sehat Indonesia, Mulut Sehat Gigi Kuat’, yang memberikan perhatian khusus kondisi masyarakat Indonesia yang kian rentan mengalami gigi berlubang akibat konsumsi gula yang semakin tinggi.”  


“Menurut data, 47,9 juta penduduk Indonesia mengonsumsi gula secara berlebih , bahkan di 2023, konsumsi gula per kapita diproyeksi meningkat hingga 9% dari 2019 . Tidak hanya pada orang dewasa, kecenderungan ini juga terlihat pada anak-anak. Tentunya hal ini harus diwaspadai bersama, karena jika tidak disertai dengan kebiasaan merawat gigi dan mulut yang baik, kebiasaan ini menjadikan anak-anak berisiko mengalami gigi berlubang.

Faktanya, hanya 2,8% masyarakat yang menyikat gigi di waktu yang tepat , yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur, sehingga edukasi dan pembiasaan sejak dini menjadi sangat penting, termasuk di lingkungan sekolah,” lanjut Distya.

Untuk itu, sebagai komponen penting dari BKGN, program ‘Pepsodent Sekolah Sehat’ digelar sebagai misi berkelanjutan untuk menyebarluaskan edukasi kesehatan gigi dan mulut pada anak-anak usia Sekolah Dasar, bekerja sama dengan berbagai mitra guna memberikan dampak optimal.

Lebih lanjut, Joy Tarigan, Vice President Modern Trade Unilever Indonesia menjelaskan, “Di pelaksanaan program kali ini, kami bermitra dengan Alfamart yang memiliki misi sejalan untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat.

Jaringan mereka yang menjangkau berbagai wilayah negeri juga memungkinkan kami untuk menghimpun lebih banyak masyarakat dalam mendukung misi mulia yang kami usung. Tak hanya mengajarkan praktik kebersihan gigi dan mulut yang baik, program ‘Pepsodent Sekolah Sehat’ juga menanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) secara lebih menyeluruh.”  

Melalui “Alfamart for All”, yang merupakan rangkaian program CSR berkesinambungan dari Alfamart untuk meningkatkan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan dengan mengusung enam pilar. Salah satu yang dikedepankan adalah Alfamart Care, sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan dan kelayakan hidup masyarakat Indonesia.

Solihin, Corporate Affair Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) menyampaikan, “Sebagai jaringan distribusi ritel terkemuka, Alfamart menyambut baik kerja sama ini, dimana para karyawan Alfamart akan turut terlibat dalam kegiatan edukasi kesehatan mulut dan gigi beserta PHBS yang bakal dijalankan di 250 Sekolah Dasar yang tersebar 12 kota, yaitu Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Lampung, Makassar, Lombok, Papua, Tangerang, Bekasi, Sukabumi, dan Bengkulu. Secara total, program ini menargetkan untuk menjangkau 100.000 siswa/i.”

Bekerja sama dengan Yayasan Seribu Guru, melalui program “Pepsodent Sekolah Sehat x Alfamart” setiap sekolah akan mendapatkan: 1.    Pelatihan guru untuk menjadi kader PHBS, 2.    Pembentukan dokter kecil di sekolah dan edukasi kesehatan gigi dan mulut untuk siswa, 3.    Produk perawatan kesehatan gigi dan mulut, 4.    Fasilitas penunjang untuk sikat gigi bagi sekolah-sekolah terbaik

“Seluruh rangkaian program akan berlangsung mulai November 2023 hingga Maret 2024. Semoga kolaborasi ini akan membantu anak Indonesia lebih berprestasi dan percaya diri dengan Senyum Indonesia, Gigi Kuat Mulut Sehat!” pungkas Distya.

Tentang Unilever Unilever merupakan salah satu pemasok terbesar produk Kecantikan, produk Perawatan Tubuh, produk Kebersihan Rumah Tangga, produk Makanan dan Minuman, serta produk Es Krim yang produknya digunakan oleh 3.4 miliar penduduk setiap harinya di lebih dari 190 negara. Unilever memiliki total kurang lebih 127,000 karyawan secara global berhasil membukukan penjualan sebesar €60.1 juta pada tahun 2022.

Di Indonesia, PT Unilever Indonesia Tbk telah beroperasi sejak tahun 1933, ‘go public’ pada tahun 1982 dan saham-sahamnya tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Unilever memiliki lebih dari 4,000 karyawan dan delapan pabrik yang berada di Cikarang dan Rungkut.

Unilever berkomitmen tinggi untuk tetap melaju dan maju bersama Indonesia. Untuk periode yang berakhir pada tanggal 30 September 2023, penjualan bersih Unilever Indonesia mencapai Rp 30,5 trilliun terdiri dari penjualan HPC dan F&R masing-masing sebesar Rp 19,9 triliun dan Rp 10,6 triliun. Sedangkan laba bersih Perseroan mencapai Rp 4,2 triliun.   

Visi kami adalah menjadi pemimpin di pasar global dalam hal menciptakan bisnis yang berkelanjutan; yang berlandaskan tujuan mulia Visi kami adalah menjadi pemimpin di pasar global dalam hal menciptakan bisnis yang berkelanjutan; yang berlandaskan tujuan mulia (purpose-led) dan mampu bersaing dimasa depan (future-fit).

‘The Unilever Compass’ adalah strategi bisnis kami. Sebuah strategi yang akan membawa kami untuk terus tumbuh, tetapi juga berkelanjutan dan bertanggug jawaab, hal ini termasuk: ●    Meningkatkan kesehatan planet ●    Meningkatkan kesehatan masyarakat, kepercayaan diri dan kesejahteraan, serta ●    Membantu menciptakan dunia yang lebih adil dan inklusif

Baca Juga: Unilever (UNVR) Perkuat Fondasi Bisnis, Sambut Kepemimpinan Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti