Progres Pembangunan Tol Akses Menuju IKN Rata-Rata Capai 86,98% dari 3 Seksi



KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan progres pembangunan tol akses menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) rata-rata mencapai 86,98% dari tiga seksi. Pembangunan ini dikebut demi mendukung kelancaran pelaksanaan HUT RI Ke-79 di IKN.

Hal tersebut diungkap saat Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan IKN bersama Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga pada Senin (22/7). Adapun ketiga ruas tol yang ditinjau meliputi seksi 3A, 3B dan 5A.

Baca Juga: Bangunan Kantor Presiden di IKN Selesai, 4.650 Bilah Sayap Burung Garuda Terpasang


“Tol ini akan dibuka fungsional untuk mendukung kelancaran peringatan HUT ke-79 RI di IKN Nusantara pada 17 Agustus mendatang,” tulis keterangan dikutip dari akun instagram resmi Kementerian PUPR, Selasa (23/7).

Kementerian PUPR mencatat, progres ketiga seksi jalan tol akses IKN ini di antaranya seksi 3A Karangjoang - KKT Kariangau sepanjang 13,4 kilometer (km) sudah mencapai 81,15%. Seksi 2 yakni tol KKT Karingau - Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km telah mencapi 91,53%.

Baca Juga: Berapa Jumlah Tamu Undangan HUT Ke-79 RI di IKN? Ini Penjelasan Polda Kaltim

Terakhir seksi 5A yakni jalan tol Simpang Tempadung – Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km telah mencapai 88,28%. Lebih lanjut, Menteri PUPR menyebut sejauh ini tidak ada hambatan dalam pembangunan tol akses IKN.

“Tol IKN sepanjang 27 KM dari Kariangau sampai ke Jembatan Pulau Balang. Ini yang akan kita manfaatkan pada 17 Agustus 2024 sebanyak 3 lajur," kata Basuki dalam keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto