Prospek Bisnis Komponen Otomotif Masih Cerah



JAKARTA. Pasar otomotif di tahun 2014 bisa jadi diprediksi tak akan tumbuh kencang. Namun, kondisi berbeda mungkin terjadi di pasar pendukung otomotif. Segmen bisnis ini diramal masih lumayan cerah di tahun depan.

Maklum, selain memasok untuk suku cadang asli atau original equipment manufacturer (OEM), produsen komponen otomotif juga berpeluang mengisi pasar komponen untuk suku cadang pengganti. Alhasil, tahun depan, industri komponen berupaya kejar target bisnisnya.

Salah satu produsen komponen otomotif PT Gajah Tunggal Tbk misalnya, berharap pasar ban tahun 2014 masih cerah. General Manager Marketing PT Gajah Tunggal Tbk Arijanto Notorahardjo mengungkapkan, pada 2014, produsen ban GT Radial ini masih bisa menggenjot pangsa pasar ban. "Tahun depan, target bisa meraup 25% pangsa pasar sudah cukup bagus," katanya, Senin (16/12).


Menurut Arijanto, perusahaan berkode emiten GJTL ini masih akan memasang strategi yang kurang lebih sama dengan tahun ini. Selain meluncurkan produk baru, Gajah Tunggal akan menambah gerai dan genjar berpromosi.

Arijanto bilang, pada kuartal II-2014, Gajah Tunggal akan meluncurkan produk baru, yakni GT Radial Maxmiller Pro untuk kendaraan komersial. Perusahaan itu juga berencana menambah jaringan layanan dari 82 gerai yang sudah ada saat ini. "Di akhir 2014, kami menargetkan memiliki 105 gerai," katanya.

Artinya, tahun depan, setidaknya GJTL bakal menambah 23 gerai baru. Sayangnya, Arijanto masih enggan membeberkan berapa nilai investasi yang akan digelontorkan untuk ekspansi ini.

PT V-Kool Indo Lestari juga melihat peluang pasar yang cukup cerah di 2014. Distributor kaca film untuk otomotif ini berniat memperluas pangsa pasarnya yang saat ini sekitar 30%-40%. "Kami targetkan pangsa pasar meningkat menjadi 50% - 60%," kata Vice President Director PT V-Kool Indo Lestari Linda Widjaja.

Tapi, Linda mengakui, pelemahan nilai tukar rupiah menghambat pertumbuhan V-Kool. Karena itu, Linda bilang, pihaknya akan menyesuaikan harga kaca film otomotif mulai Januari 2014 lantaran kaca ini masih harus diimpor. Catatan saja, saat ini, harga kaca film V-Kool berkisar Rp 6 juta- Rp 12 juta per paket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi