KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Data WeAreSocial Digital 2017 Global Overview memperlihatkan penetrasi mobile broadband di Indonesia sebesar 65%. Bahkan 41% dari seluruh masyarakat Indonesia telah berbelanja secara online pada 2016, 33% menggunakan m-commerce. Sedangkan terdapat pertumbuhan 155% secara year on year (yoy) pertumbuhan pembeli mobile-commerce. Donald Wihardja, Wakil Ketua Amvesindo & Partner of Convergence dalam Journalist Class: Startups Outlook 2018 and Fintech, Selasa (7/11) di Jakarta mengatakan, Indonesia memimpin metrik pertumbuhan utama jika dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. Hal ini tecermin dari data eMarketer Worldwide Retail Ecommerce 2017. Pertumbuhan pembeli digital diproyeksikan menjadi 18,8% di tahun 2018. Hal ini mengantarkan Indonesia dengan pertumbuhan penetrasi tercepat di dunia. "Walaupun secara total relatif kecil di sektor tertentu, kontribusi e-commerce sangat besar di sektor lain seperti ridesharing," ungkap Donald. Berdasarkan data pada 2016, pasar taxi Indonesia sudah dikuasai oleh pelaku startup bidang ridesharing seperti Go-Jek dan Grab sebesar 60%.
Prospek e-commerce Indonesia menggiurkan
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Data WeAreSocial Digital 2017 Global Overview memperlihatkan penetrasi mobile broadband di Indonesia sebesar 65%. Bahkan 41% dari seluruh masyarakat Indonesia telah berbelanja secara online pada 2016, 33% menggunakan m-commerce. Sedangkan terdapat pertumbuhan 155% secara year on year (yoy) pertumbuhan pembeli mobile-commerce. Donald Wihardja, Wakil Ketua Amvesindo & Partner of Convergence dalam Journalist Class: Startups Outlook 2018 and Fintech, Selasa (7/11) di Jakarta mengatakan, Indonesia memimpin metrik pertumbuhan utama jika dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. Hal ini tecermin dari data eMarketer Worldwide Retail Ecommerce 2017. Pertumbuhan pembeli digital diproyeksikan menjadi 18,8% di tahun 2018. Hal ini mengantarkan Indonesia dengan pertumbuhan penetrasi tercepat di dunia. "Walaupun secara total relatif kecil di sektor tertentu, kontribusi e-commerce sangat besar di sektor lain seperti ridesharing," ungkap Donald. Berdasarkan data pada 2016, pasar taxi Indonesia sudah dikuasai oleh pelaku startup bidang ridesharing seperti Go-Jek dan Grab sebesar 60%.