Prospek E-commerce Positif, Shopee Fokus Tingkatkan Layanan



KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Shopee percaya diri tren bisnis e-commerce akan terus berkembang pada masa mendatang seiring tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap aktivitas belanja online.

Director of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna menyampaikan, tahun ini Shopee terus pada layanan platform e-commerce itu sendiri. Dalam hal ini, Shopee berusaha terus meningkatkan kualitas pengalaman berbelanja dan bertransaksi yang melibatkan pembeli dan penjual.

Shopee juga terus mengedepankan penguatan para UMKM lokal yang menjadi penjual di platform Shopee melalui serangkaian program dan kampanye. Sebagai contoh, Shopee menyediakan berbagai pelatihan untuk memperkuat kemampuan UMKM dalam menjual produk-produknya. Shopee juga memfasilitasi para UMKM yang hendak Go Internasional dengan ekspor produk ke mancanegara.


Baca Juga: Persaingan E-commerce Kian Sengit

“Kami upayakan para UMKM bisa terus mengeksplorasi beragam fitur di Shopee yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan penjualan mereka,” kata Monica dalam media gathering, Kamis (25/1).

Lebih lanjut, Shopee juga terus bersiap untuk mengoptimalkan kampanye 2.2 Shopee Live dan Shopee Video Mega Sale yang mencapai puncaknya pada 2 Februari 2024. 

Monica menyebut, ada beberapa promo yang disiapkan oleh Shopee kepada para calon pembeli dalam menyambut kampanye 2.2. Di antaranya Gratis Ongkir Rp 0 Semua Toko, kemudian Diskon sampai dengan 80%, serta Pesta Voucher 80%.

Sayangnya, dia tidak menyebut secara spesifik target transaksi yang dapat diraih Shopee pada perhelatan hari belanja online 2.2 nanti. “Kami ingin jumlah transaksi sebanyak-banyaknya, unlimited,” imbuh Monica.

Baca Juga: Emiten E-Commerce Masih Dibayangi Ketidakpastian Suku Bunga

Yang terang, Shopee jelas berharap transaksi produk-produk lokal pada event kampanye 2.2 dapat terus meningkat dibandingkan periode-periode sebelumnya.

Sebagai catatan, pada puncak kampanye 12.12 lalu, Shopee mencatatkan peningkatan transaksi produk lokal hingga 10 kali lipat. Selain itu, Shopee juga mencatatkan transaksi sesi Shopee Live lebih dari 49 kali lipat dan peningkatan pesanan melalui Shopee Video.

Kedua fitur tersebut terbukti ampuh untuk mendongkrak transaksi jual-beli barang di Shopee. Keberadaan Shopee Live memudahkan para penjual ataupun pelaku UMKM untuk berinteraksi secara aktif dengan calon pembeli dalam menjajakan produknya. 

Adapun Shopee Video memudahkan para calon pembeli menemukan referensi berupa review produk secara visual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .