Proyek Jalur KAI Ganda Kiaracondong-Cicalengka Sudah 92%



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) melaporkan progres pembangunan tahap II segmen Kiaracondong-Gedebage dan Haurpugur-Cicalengka telah mencapai 92%.

“Jalur ganda lintas Kiaracondong-Cicalengka tahap II ditargetkan dapat beroperasi secara penuh pada tahun 2024 ini, kami berharap dengan dibangunnya jalur ganda ini maka dapat memberikan manfaat bagi masyarakat pengguna kereta api,” ujar Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Bandung, Endang Setiawan, Rabu (3/10).

Endang menjelaskan, total jalur yang dibangun pada tahap I sepanjang 14 km/sp menelan anggaran sebesar Rp 779 miliar. Sementara itu, pekerjaan pembangunan tahap II panjang jalur yang dibangun yaitu 9 km/sp dengan anggaran Rp 585 miliar. 


Adapun Kemenhub mengeluarkan total anggaran sebesar Rp 1,3 triliun untuk pembangunan jalur ganda Kiaracondong-Cicalengka dengan panjang jalur 23 km/sp.

Baca Juga: Kemenhub: Subsidi Tarif KRL Berbasis NIK Batal Diterapkan Tahun Depan

Endang menambahkan sebelum dibangunnya jalur ganda lintas Kiaracondong-Cicalengka, kereta api yang melintas pada jalur tersebut perlu bergantian sehingga waktu tempuh perjalanan kereta api menjadi lebih lama. Menurutnya, jalur ganda ini juga untuk meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan pada perjalanan kereta api. 

"Pembangunan jalur Ganda ini juga mencakup peningkatan keselamatan perkeretaapian dan peningkatan fasilitas operasi dari sinyal mekanik ke elektrik dengan tujuan mendukung elektrifikasi pada lintas Bandung Raya," jelasnya.

Endang menuturkan, selain lintas Kiaracondong-Cicalengka, dilakukan pula pengembangan Prasarana Perkeretaapian pada Jalur Ganda Kereta Api antara Padalarang-Bandung.

Dia bilang, dengan total anggaran Rp 717 miliar, ruang lingkup pekerjaan pada lintas tersebut meliputi penataan emplasemen, pengembangan stasiun, pembangunan sistem persinyalan dan telekomunikasi.

Baca Juga: Kemenhub Pastikan Tak Ada Kenaikan Tarif KRL Jabodetabek dalam Waktu Dekat

Selanjutnya: Bahayakan UMKM, Kemenkop UKM Pastikan Aplikasi TEMU Tak Masuk ke Indonesia

Menarik Dibaca: Resep Bolu Susu Vanilla Choco dengan Saus Vla ala Chef Devina Hermawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati