KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemhub) telah menginisiasi proyek pertama dengan skema KPBU (kerjasama pemerintah dan badan usaha). Rencana ini dibuat untuk membangun prasarana perkeretaapian jalur Makassar-Pare-Pare. Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, skema pembayaran ini dinilai akan lebih efektif ketimbang menggunakan APBN. "Dengan kita melakukan (pembayaran) secara terus menerus ini, pasti kita mendapatkan suatu angka yang lebih tepat berkaitan dengan perawatan dan pembangunan," kata Budi, Jumat (5/4). Dalam rencana pembangunan ini, estimasi biaya yang dikeluarkan dibagi menjadi dua, yaitu biaya belanja modal mencapai Rp 1 triliun dan biaya pengoperasian dan perawatan mencapai Rp 1,1 Triliun.
Proyek kereta api jalur Makassar-Pare-Pare membuatuhkan belanja modal Rp 1 triliun
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemhub) telah menginisiasi proyek pertama dengan skema KPBU (kerjasama pemerintah dan badan usaha). Rencana ini dibuat untuk membangun prasarana perkeretaapian jalur Makassar-Pare-Pare. Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, skema pembayaran ini dinilai akan lebih efektif ketimbang menggunakan APBN. "Dengan kita melakukan (pembayaran) secara terus menerus ini, pasti kita mendapatkan suatu angka yang lebih tepat berkaitan dengan perawatan dan pembangunan," kata Budi, Jumat (5/4). Dalam rencana pembangunan ini, estimasi biaya yang dikeluarkan dibagi menjadi dua, yaitu biaya belanja modal mencapai Rp 1 triliun dan biaya pengoperasian dan perawatan mencapai Rp 1,1 Triliun.