Proyek Rusun ASN 3 IKN Garapan Waskita Karya Sabet 2 Rekor Muri



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Proyek rumah susun (rusun) ASN 3 Ibu Kota Nusantara (IKN) yang digarap oleh PT Waskita Karya Tbk (WSKT) menyabet dua rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Penghargaan tersebut diberikan untuk kategori Instalasi Tata Suara Tercepat dan Instalasi Protokol Internet (IP) Data Tercepat dalam pembangunan 47 tower Rusun ASN dan Hankam IKN.

Penghargaan ini diraih berkat pemasangan tata suara yang memungkinkan komunikasi publik yang cepat dan efisien, khususnya dalam situasi darurat seperti kebakaran atau gempa. Selain itu, Waskita juga mencatat rekor berkat instalasi teknologi Gigabit Passive Optical Network (GPON) berbasis serat optik, yang menyediakan konektivitas internet berkecepatan tinggi di setiap unit Rusun ASN.

Corporate Secretary Waskita Karya, Ermy Puspa Yunita, menjelaskan bahwa GPON tak hanya mendukung akses internet, tetapi juga menyediakan layanan tambahan seperti TV kabel dan telepon. “Kedua instalasi ini akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi aparatur negara yang tinggal di Rusun ASN 3, memungkinkan mereka beraktivitas dengan lebih efisien,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kontan, Senin (14/10).


Ermy juga menegaskan komitmen Waskita untuk selalu menghadirkan inovasi dan menjaga kualitas dalam setiap proyek yang dikerjakan. Penghargaan dari MURI ini menjadi bukti nyata dedikasi Waskita sebagai BUMN Konstruksi dalam menghadirkan hunian yang aman dan nyaman bagi para ASN.

Baca Juga: Capai 96%, Proyek Bendungan Rukoh Waskita Karya Sebentar Lagi Rampung

Proyek Rusun ASN 3 di IKN terdiri dari enam tower dengan total 360 unit hunian yang mampu menampung 1.440 orang. Setiap unit hunian dilengkapi fasilitas lengkap, mulai dari kamar utama, kamar anak, ruang keluarga, hingga dapur dan area cuci. Proyek ini merupakan bagian dari 12 proyek besar di IKN yang digarap Waskita Karya dengan total nilai Rp 7,7 triliun, di mana proyek Rusun ASN 3 bernilai Rp 1,13 triliun.

Dengan penghargaan ini, Waskita Karya memperkuat posisinya sebagai perusahaan konstruksi terdepan yang selalu mengedepankan kualitas, inovasi, dan efisiensi dalam mendukung pembangunan IKN serta memenuhi kebutuhan hunian bagi para aparatur negara.

"Maka pencatatan Rekor MURI ini menjadi wujud komitmen Waskita sebagai BUMN Konstruksi dalam memberikan yang terbaik bagi masyarakat, khususnya ASN. Kenyamanan serta keamanan para penghuni Rumah Susun ASN 3 pun menjadi prioritas bagi perseroan,” pungkasnya.

Selanjutnya: BEI Perpanjang Waktu Pemenuhan Rasio Free Float 10%

Menarik Dibaca: Astra Life Luncurkan AVA Asya Hasanah Proteksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih