Proyek Solar Panel Singapura Bakal Hadir di IKN



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah sebelumnya didominasi oleh investor lokal, Ibu Kota Nusantara (IKN) kini menarik perhatian investor asing. 

Pernyataan ini disampaikan Menteri Investasi sekaligus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Perkasa Roeslani seusai Konferensi Pers mengenai Realisasi Investasi Triwulan III 2024 dan Capaian Kinerja Investasi selama 10 Tahun Pemerintahan Presiden Jokowi yang berlangsung di Kantor Kementerian Investasi/BKPM, Jakarta, pada Selasa (15/10/2024).

Melansir Infopublik.id, dalam sebulan terakhir, sejumlah investasi besar dari luar negeri telah masuk ke IKN. Salah satu proyek yang menarik perhatian adalah investasi dari Singapura. 


“Ketika baru dilantik, saya langsung melakukan kunjungan ke Singapura. Alhamdulillah, beberapa perusahaan di sana tertarik berinvestasi. SMESCO Singapura berinvestasi sebesar US$ 60 juta dalam proyek solar panel. Proyek ini diharapkan selesai pada akhir tahun dan akan menjadi sumber tenaga bersih di IKN,” ujar Rosan kepada Infopublik.id.

Rosan juga menjelaskan bahwa beberapa proyek besar lainnya telah memulai tahap groundbreaking. Proyek tersebut meliputi pembangunan sekolah oleh Australia serta proyek properti seperti mal dan hotel yang dikerjakan oleh perusahaan asal China, Delonics. 

Baca Juga: Proyek Rusun ASN 3 IKN Garapan Waskita Karya Sabet 2 Rekor Muri

Dari Rusia, PT Magnum telah memulai pembangunan apartemen, mal, mixed-use development, dan hotel. 

Selain itu, restoran Plataran juga telah mulai membangun di IKN. 

“Kami menerbitkan izin-izin dalam waktu singkat, sekitar 13 hari, dan semuanya berjalan dengan baik,” tambahnya.

Dalam paparannya, Rosan menekankan bahwa investasi dalam negeri di IKN terus berjalan lancar. Beberapa rumah sakit, seperti Hermina dan Mayapada, telah diresmikan. Restoran Excelsior juga sudah mulai beroperasi. 

“Ekosistem IKN mulai terbentuk, dengan berbagai fasilitas seperti sekolah, rumah sakit, dan hiburan yang akan rampung pada tahun depan,” ungkapnya.

“Kami percaya pada konsep ‘seeing is believing’. Ketika kita berkunjung ke IKN, perkembangan signifikan sudah dapat dilihat dengan mata kepala sendiri,” lanjut Rosan.

IKN juga akan segera memiliki bandara internasional yang diharapkan diresmikan pada akhir Desember 2024. Dengan adanya bandara ini, penerbangan internasional dapat langsung menuju IKN tanpa perlu transit di kota lain.

Baca Juga: Hingga Oktober, Otorita IKN Terima 492 Surat Minat Investasi

Rosan menegaskan bahwa semua investasi yang masuk ke IKN memenuhi standar kualitas tinggi. Kementerian Investasi terus melakukan diskusi dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan kelancaran seluruh proses investasi di IKN. 

“Investasi yang masuk memiliki kualitas yang baik, mengingat IKN berada di kawasan internasional. Kami juga menawarkan insentif fiskal yang kompetitif, seperti tax holiday, yang lebih baik dibandingkan wilayah lainnya,” pungkasnya.

Selanjutnya: 4 Tanda Utama Seseorang Termasuk dalam Warga Kelas Bawah Tanpa Menyadarinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie