PT CJ FeedCare Indonesia Raih Sustainability-Linked Loan Senilai Rp350M dari Bank DBS



KONTAN.CO.ID -  PT CJ Feed & Care Indonesia, salah satu pelaku usaha di sektor nutrisi hewan sekaligus anak perusahaan CJ CheilJedang dari Korea Selatan, telah menandatangani perjanjian untuk Pinjaman Berbasis Keberlanjutan atau Sustainability-Linked Loan (SLL) senilai Rp350 miliar dengan Bank DBS Indonesia. Kemitraan ini menandai langkah penting dalam upaya kedua perusahaan untuk mempromosikan praktik berkelanjutan di sektor produksi pangan. Peresmian kerja sama ini dihadiri oleh Presiden Direktur PT CJ Feed & Care Indonesia Lee Jea Ho dan Head of Institutional Banking Group PT Bank DBS Indonesia Kunardy Darma Lie.

SLL tersebut mengaitkan persyaratan keuangan dengan capaian indikator kinerja utama (KPI), yang mendukung target hijau CJ CheilJedang, yaitu mengurangi intensitas emisi gas rumah kaca pada seluruh kegiatan bisnisnya sebesar 25 persen pada 2030. Target itu sejalan dengan komitmen lebih luas CJ CheilJedang untuk mencapai emisi nol pada 2050. SLL dari Bank DBS Indonesia ini dapat memotong biaya pinjaman perusahaan seiring dengan kemajuan CJ CheilJedang dalam mencapai tujuan keberlanjutan.

Head of Institutional Banking Group PT Bank DBS Indonesia Kunardy Darma Lie mengatakan, “Bank DBS Indonesia berkomitmen mendukung mitra kami seperti PT CJ Feed & Care Indonesia dalam perjalanan transisi menuju pertumbuhan berkelanjutan. Dengan menyediakan solusi keuangan dan keahlian inovatif, kami bermaksud memberdayakan PT CJ Feed & Care Indonesia dalam menghadapi tantangan masa depan berkelanjutan serta memastikan keberhasilan jangka panjang dan dampak positif, baik bagi bisnis perusahaan maupun masyarakat. Ini kami lakukan sejalan dengan ‘spark’ kami untuk menjadi ‘Best Bank for a Better World’.”


Langkah PT CJ Feed and Care Indonesia dalam mengambil SLL adalah contoh bagaimana perusahaan dari semua industri dapat memanfaatkan sarana keuangan untuk mendorong pelestarian lingkungan. Pembiayaan ESG adalah sarana untuk mendukung transisi bisnis menuju operasi lebih berkelanjutan.  Sebelumnya, perusahaan induknya, CJ CheilJedang, juga menerima SLL dari Bank DBS pada 2021. Pendapatan dari pinjaman tersebut digunakan untuk menciptakan nilai sosial melalui kegiatan perusahaan, seperti pembangunan infrastruktur jaringan ramah lingkungan.

Bisnis PT CJ Feed & Care sebagian besar berpusat di wilayah Asia Tenggara dan Tiongkok, dengan produksi ternak, seperti babi dan unggas serta berbagai produk pakan untuk bahan baku, dengan 24 pabrik pakan di wilayah tersebut. PT CJ Feed & Care Indonesia didirikan pada 2004 dan diabdikan untuk menghasilkan pakan ternak bermutu tinggi dengan mengedepankan praktik berkelanjutan yang memberikan sumbangan positif bagi lingkungan dan masyarakat.

Presiden Direktur PT CJ Feed & Care Indonesia Lee Jea Ho mengatakan, “Kami senang dapat berperan serta dalam SLL ini, yang sejalan dengan komitmen kami pada keberlanjutan. Prakarsa itu adalah langkah untuk mendukung tujuan bersama kami menjadi pemimpin industri dalam produksi pangan berkelanjutan.”

Bank DBS Indonesia, yang baru-baru ini dinobatkan sebagai Indonesia’s Best Bank for ESG di ajang Euromoney Awards for Excellence 2024, berkomitmen meningkatkan dukungan kepada bisnis yang ingin mencapai ambisi keberlanjutan mereka.

Pada awal tahun ini, Bank DBS Indonesia memberikan beberapa kemudahan pembiayaan berkelanjutan di berbagai industri, antara lain pembiayaan sebesar USD10 juta untuk mendukung agenda keberlanjutan PT Indo-Rama Synthetics, serta pembiayaan sosial senilai Rp1 triliun kepada PT Permodalan Nasional Madani. DBS Group juga menjadi yang pertama di dunia yang meluncurkan kerangka kerja dan taksonomi pembiayaan berkelanjutan dan transisi pada 2020 untuk membantu nasabah memajukan perjalanan keberlanjutan mereka.

Tentang DBS

DBS adalah grup jasa keuangan terkemuka di Asia, dengan kehadiran di 19 negara. Berkantor pusat dan terdaftar di Singapura, DBS berada dalam tiga sumbu pertumbuhan utama Asia: Tiongkok, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Peringkat kredit "AA-" dan "Aa1" DBS termasuk yang tertinggi di dunia.

Dikenal dengan kepemimpinan globalnya, DBS dinobatkan sebagai  “World’s Best Bank” oleh Global Finance, “World’s Best Bank” oleh Euromoney dan “Global Bank of the Year” oleh The Banker. DBS berada di garis terdepan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk membentuk masa depan perbankan, yang terpilih sebagai “World’s Best Digital Bank” oleh Euromoney dan “Most Innovative in Digital Banking” di dunia oleh The Banker. Selain itu, DBS mendapatkan penghargaan “Safest Bank in Asia“ dari Global Finance selama 16 tahun berturut-turut sejak 2009 hingga 2024.

DBS menyediakan layanan perbankan menyeluruh bagi seluruh nasabah di segmen ritel, UKM, dan korporasi. Sebagai bank yang lahir dan besar di Asia, DBS memahami seluk-beluk berbisnis di pasar yang paling dinamis di kawasan ini.

Didirikan pada tahun 1989 sebagai bagian dari DBS Group yang berbasis di Singapura, PT Bank DBS Indonesia (Bank DBS Indonesia) merupakan salah satu bank dengan sejarah terpanjang di Asia. Beroperasi di 1 Kantor Pusat, 13 Kantor Cabang, 16 Kantor Cabang Pembantu, dan 4 Kantor Fungsional serta 3.011 karyawan aktif di 15 kota besar di Indonesia, Bank DBS Indonesia menyediakan layanan perbankan menyeluruh yang berfokus pada pengalaman nasabah untuk ‘Live more, Bank less’. Bank DBS Indonesia pun memiliki tujuan positif yang melampaui perbankan dan berkomitmen untuk mendukung nasabah, karyawan, dan masyarakat menuju masa depan yang berkelanjutan.

PT Bank DBS Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

DBS berkomitmen untuk membangun hubungan yang berkelanjutan dengan nasabah dengan perbankan yang sesuai budaya Asia. Melalui DBS Foundation, bank menciptakan dampak positif yang lebih dari sekadar perbankan melalui dukungan kepada wirausaha sosial: bisnis yang berfokus menyeimbangkan profit serta dampak sosial dan/atau lingkungan. DBS Foundation juga berkontribusi kepada masyarakat dalam berbagai hal, termasuk mempersiapkan masyarakat dengan keterampilan yang dibutuhkan di masa depan dan membangun ketahanan pangan.

Dengan jaringan operasional ekstensif di Asia dan menitikberatkan pada keterlibatan dan pemberdayaan stafnya, DBS menyajikan peluang karir menarik.

Baca Juga: CJ Feed & Care Indonesia Raih Sustainability-Linked Loan Senilai Rp350 Miliar

Selanjutnya: Ini Kata Pengamat Terkait Penyaluran Fintech Lending ke Sektor Produktif Menurun

Menarik Dibaca: Daerah Berikut Hujan Ringan, Cek Cuaca Besok (24/10) di Jawa Tengah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti