BANDUNG. Proyek pembangunan moda transportasi massal monorel resmi ditangani oleh PT Jabar Moda Transportasi (JMT). Perusahaan patungan ini merupakan gabungan dari Panghegar Group yang diwakili oleh PT Sarana Infrastruktur Indonesia (SII) dengan BUMD PT Jasa Sarana (JS). Presiden Direktur Panghegar Group, Cecep Rukmana mengatakan, PT SII akan memiliki 20 persen saham PT JMT dan 80 persen saham lainnya dimiliki PT JS. "Komposisi saham itu akan berubah jika China National Machinary Import and Export Corporation (CMC) ikut bergabung," kata Cecep di Bandung, Jumat (29/8) sore. Menurut Cecep, jika BUMN milik Tiongkok itu bergabung, komposisi saham PT JMT akan menjadi milik SII 20 persen, PT JS 40 persen, dan CMC 40 persen. Keterlibatan CMC, kata Cecep, akan membuat kondisi finansial perusahaan patungan itu lebih baik karena pembangunan monorel trase I antara Leuwipanjang-Gedebage-Tanjungsari membutuhkan dana sekitar Rp 6 hingga Rp 8 triliun.
"Pihak CMC akan memberikan pinjaman berbunga murah sebesar 70 persen dari total anggaran yang dibutuhkan, sedangkan sisanya harus disediakan oleh pihak PT. JMT," kata Cecep. Pihaknya, lanjut Cecep, optimistis pembangunan monorel akan segera terealisasi setelah urusan administrasi perizinan selesai. Keseluruhan perizinan tersebut ditargetkan selesai sebelum soft launching monorel oleh Pemprov Jabar pada 19 September 2014. Rencananya, dalam trase I akan terdapat 11 stasiun pemberhentian. Kesebelas titik ini akan dikembangkan properti pendukung sebagai pemasukan lain bagi operator monorel. Berdasarkan hasil kajian, kata Cecep, harga tiket per kilometer jatuh pada angka Rp 10.000, sedangkan kemampuan pasar hanya Rp 300 per kilometer. "Selisih inilah nantinya yang akan ditutupi dari pemasukan lain yang diperoleh dari pengelolaan stasiun di sepanjang jalur monorel," kata Cecep.