PT Pos Indonesia cari 4.000 mitra



JAKARTA. Sejak tahun 2010, PT Pos Indonesia (Persero) mengajak masyarakat untuk menjadi agen jasa kurir dan jasa keuangan. Perusahaan pelat merah ini menargetkan bisa mengajak 4.000 masyarakat untuk menjadi perpanjangan bisnis mereka di akar rumput.

Bambang Dwi Purwanto, Vice President Komunikasi Korporat mengatakan, sejauh ini pihaknya memiliki 7.914 agen. Rinciannya 6.286 agen jasa keuangan, dan 1.628 jasa kurir. "Tahun ini kami targetkan tambah 4.000 agen di seluruh Indonesia," ujar Bambang kepada KONTAN, Jumat (31/5).

Bambang menyampaikan, sepanjang tahun 2012 lalu, pihaknya berhasil mengumpulkan pendapatan dari agen jasa keuangan dan jasa kurir sebesar Rp 78,56 miliar. Rincian pendapatan adalah, sebesar Rp 22,03 miliar dari jasa keuangan dan Rp 56,53 miliar dari jasa kurir.


"Nilai pendapatan tersebut baru memberikan kontribusi 3% dari seluruh pendapatan kami," kata Bambang. Menurut Bambang, tawaran kerjasama akan menguntungkan bagi kedua pihak.

Keuntungan bagi PT Pos Indonesia adalah, jaringan pelayanan dan pengiriman barang menjadi semakin luas. Masyarakat juga dapat merasakan keuntungan dari bisnis tersebut.

Sementara itu, syarat menjadi mitra dari PT Pos Indonesia cukup mudah. Cukup menaruh uang deposit untuk pembayaran pelayanan jasa tersebut. Besarannya pun tergantung dari nilai transaksi yang diterima agen. "Depositnya dari Rp 5 juta - Rp 10 juta, untuk lokasinya juga dapatĀ  dibuka dirumah masing-masing," jelas Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri