PTPP anggarkan dana Rp 16 Triliun



JAKARTA. PT PP Tbk (PTPP) berkomitmen memperbesar bisnis propertinya. BUMN jasa konstruksi dan investasi itu akan menggarap proyek kawasan terpadu (mix used) di Jakarta dan Surabaya. Untuk proyek properti ini, PTPP menyiapkan dana investasi hingga Rp 16 triliun.

Betty Ariana, Sekretaris Perusahaan PTPP, merinci, dana Rp 15 triliun dialokasi untuk proyek Jakarta. Sisa dana, akan dipakai untuk pengembangan di Surabaya. Adapun, PTPP memiliki konsesi lahan di Jakarta seluas 22 hektare (ha) dan Surabaya seluas 3,8 ha.

Di tahap pertama, PTPP akan membangun apartemen di kedua lahan tersebut. Rencananya, proses pembangunan akan dimulai akhir tahun 2013. Namun, Betty belum bersedia menjelaskan secara rinci. "Saat ini masih proses feasibility study," kata dia, Rabu (1/5).


Nah, nanti proyek kawasan terpadu ini akan berada di bawah kendali anak usaha PTPP yang akan dibentuk pada Juli 2013 mendatang. Ini merupakan realisasi rencana perusahaan untuk memisahkan antara lini konstruksi dengan bisnis properti.

PTPP telah menyiapkan dana sebesar Rp 70 miliar sebagai suntikan modal. PTPP akan menguasai 99,9% saham anak usaha itu. Manajemen berharap, pemisahan unit usaha ini bisa menggemukkan bisnis properti PTPP.

Betty menargetkan, pendapatan sektor properti dan realti PTPP dalam lima tahun ke depan bisa mencapai Rp 4 triliun. Per akhir, kontribusi kedua sektor itu masih minim, sekitar 5% dari total pendapatan PTPP. Nilai itu setara dengan Rp 130 miliar.

PTTP menargetkan pendapatan sebesar Rp 180 miliar dari kedua sektor itu di tahun ini. Sedangkan untuk tahun depan, lini usaha properti dan realti ditargetkan menyumbang pendapatan hingga Rp 500 miliar. Sedangkan laba ditargetkan mencapai Rp 30 miliar di tahun ini.

Saat ini portofolio properti dan realti PTPP terbilang beragam. Bentuknya mulai dari residensial, commercial center, hospitality, serta sinergi dengan BUMN lain dalam pemberdayaan aset.

Beberapa proyek properti dan realti yang telah digarap PTPP seperti Taman Griya Jimbaran Bali, apartemen Patria Park Cawang, Park Hotel Cawang, Rental Office di Jakarta dan Shopping Mall di Surabaya. Lalu ada juga proyek berbentukkerjasama operasi (KSO) berupa Paladian Park Apartemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Amailia Putri