PTPP Resmikan Proyek RS Kemenkes Makassar, Nilai Kontraknya Rp 1,56 Triliun



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT PP (Persero) Tbk (PTPP) meresmikan Proyek RS UPT Vertikal Makassar atau RS KEMENKES Makassar yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (06/09). Peresmian itu dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Proyek Rumah Sakit UPT Vertikal Makassar adalah rumah sakit terbesar di Indonesia bagian Timur yang memiliki luas bangunan sebesar 144.280 meter persegi (m2) dengan nilai kontrak Rp 1,56 triliun.

Rumah sakit ini merupakan Superhub, yaitu rumah sakit spesialis rujukan untuk menangani penyakit kronis seperti jantung, stroke, dan kanker. Pusat layanan kesehatan ini dikhususkan untuk mengakomodasi pasien-pasien di wilayah Indonesia bagian tengah, seperti Kalimantan, dan Indonesia bagian timur, seperti Sulawesi hingga Papua.


Lingkup pekerjaan PTPP pada proyek rumah sakit ini terdiri dari 11 bangunan. Rumah sakit ini memiliki 4 bangunan utama, yaitu podium, pelayanan jantung, pelayanan otak dan pelayanan kanker, serta beberapa fasilitas unggulan, utamanya yaitu fasilitas cyclotron.

Baca Juga: WIKA Resmikan Dua Proyek di Jawa Timur, Total Nilai Kontrak Rp 1,96 Triliun

Fasilitas cyclotron ini adalah fasilitas pertama yang dimiliki rumah sakit Kemenkes di seluruh Indonesia untuk menghasilkan radioisotop untuk mendiagnosis dan mengobati kanker.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyebutkan, dari delapan proyek rumah sakit yang telah diresmikan di seluruh Indonesia, RS Kemenkes Makassar ini merupakan rumah sakit yang terbesar.

“RS Kemenkes Makassar terdiri dari empat tower, 12 lantai, dengan total 920 tempat tidur setara fasilitas hotel bintang lima karena memiliki peralatan yang super modern,” ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (8/9).

Direktur Utama PTPP Novel Arsyad menyebutkan, peresmian Rumah Sakit UPT Vertikal Makassar ini merupakan peresmian proyek rumah sakit yang ketiga di tahun ini. Sebelumnya, telah diresmikan proyek pembangunan RS MCHC Dr Hasan Sadikin di Bandung dan Proyek RS Kanker Dharmais di Jakarta pada akhir Agustus lalu.

Baca Juga: Saham BUMN Karya Makin Unjuk Gigi

“Proyek RS UPT Vertikal Makassar atau RS Kemenkes Makassar adalah Rumah Sakit terbesar yang telah dibangun PTPP. Penyelesaian proyek ini merupakan bukti nyata PTPP turut serta dalam mendukung program pemerintah dalam pembangunan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Penyelesaian beberapa proyek rumah sakit yang telah dibangun oleh PTPP juga menambah spesialisasi PTPP, terutama dalam pembangunan gedung fasilitas kesehatan yang memiliki kualitas baik dan berstandar internasional.

“PTPP akan terus berinovasi dalam menciptakan karya terbaik, terus mempertahankan kualitas dan mengutamakan keamanan, serta akan membidik proyek-proyek pembangunan fasilitas kesehatan yang akan menjadi fokus pemerintah Indonesia ke depan,” tuturnya.

Selanjutnya: Setoran Pajak Turis Asing di Bali Rp 211,8 Miliar

Menarik Dibaca: Harga Emas Antam Melorot Rp 7.000 Hari Ini 9 September

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati