PU siapkan Rp 3 miliar untuk bikin hujan buatan



JAKARTA. Sejumlah waduk di Pulau Jawa dalam status waspada. Debit air waduk berkurang akibat musim kemarau. Padahal, keberadaan waduk itu vital untuk menunjang irigasi ke persawahan.

Tiga waduk dalam kondisi waspada ini adalah Jatiluhur, Cirata, dan Saguling yang berada di Jawa Barat (Jabar). Untuk itu, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mengalokasikan dana sebesar Rp 3 miliar untuk membuat hujan buatan, agar bisa menambah cadangan air di waduk tersebut.

Mohammad Hassan, Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mengungkapkan, pada bulan Oktober mendatang pihaknya akan membuat hujan buatan. "Hujan buatan ini merupakan solusi paling murah untuk mengisi waduk untuk irigasi," katanya, akhir pekan lalu. Menurutnya, biaya pembuatan hujan buatan sebesar Rp 1,7 miliar untuk 15 hari dan bisa menghasilkan 200 juta meter kubik air hujan. "Kami siapkan Rp 3 miliar untuk hujan buatan," jelas Hassan.


Hassan memaparkan, wilayah Jabar terkena dampak kekeringan paling besar ketimbang daerah lainnya. "Di Jabar seluas 66.000 hektare dan Jawa Tengah seluas 12.000 hektare lahan pertanian mengalami kekeringan," jelasnya.

Kekeringan paling parah di Jabar terjadi di lima kabupaten yakni Indramayu, Cirebon, Ciamis, Sukabumi dan sebagian Karawang. "Sawah-sawah di daerah itu masih didominasi oleh irigasi tanpa bendungan dan hanya mengandalkan curah hujan," tuturnya. Hasan menambahkan, kekeringan tahun ini lebih parah dari tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dadan M. Ramdan