Puluhan miliar melayang bersama Batavia Air



JAKARTA. Association of The Indonesian Tours & Travel Agents (ASITA) Chapter Jakarta mencatat, kerugian akibat pemberhentian operasi maskapai Batavia Air mencapai puluhan miliar rupiah. Kerugian itu berasal dari uang deposit yang diberikan oleh perusahaan agen travel anggota ASITA.

"Anggota ASITA di Jabodetabek ada 1.500 agen travel. Kerugiannya mencapai Rp 20 miliar," kata Hasiyanna Ashadi, Ketua ASITA Chapter Jakarta dalam jumpa pers di Wisma Nugra Santana, Jakarta, Senin (4/2).

Menurut Hasiyanna, nilai kerugian tersebut masih bisa bertambah, karena masih ada anggota yang belum melaporkan kerugiannya. Perlu diketahui, nilai deposit yang disertakan agen travel kepada Batavia Air itu beragam, mulai dari jutaan sampai dengan puluhan juta rupiah.


Deposit tersebut merupakan persyaratan bagi agen travel agar bisa menerbitkan tiket Batavia Air. Saat ini, ASITA belum bisa berbuat banyak, sebab Batavia Air sudah dinyatakan pailit oleh Pengadilan Niaga, Jakarta Pusat.

Saat ini, kata Hasiyanna, pihaknya akan berupaya mengadukan permasalah ini ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). "Kami sudah berkirim surat ke DPR. Kami ingin melakukan audiensi untuk mengadukan nasib kami," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri