Punya Potensi Besar, Pemerintah Kaji Pungutan PNBP dari Industri Gim



KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan mulai mengkaji pemungutan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari sektor game atau gim.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan kebijakan tersebut akan dikaji Kemenparekraf bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

"Kalau kita lihat sekarang, ini sumbangan PNBP-nya sangat besar. Ini akan kita dorong ke Kemenkeu karena per hari ini belum ada optimalisasi PNBP dari sektor game," ujar Sandiaga dalam acara Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2024 dan Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional, belum lama ini.


Sandiaga menyebut, potensi PNBP dari industri tersebutsangat besar. Oleh karena itu, dirinya juga mendorong Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan asosiasi/industri agar berkoordinasi dengan Kemenkeu terkait penyusunan skema komersialisasi asset store melalui PNBP.

"Kita akan menyusun kajian potensi PNBP dari sektor game ini karena kalau kita lihat jumlahnya US$ 2 miliar hingga US$ 3 miliar sekarang ini sumbangan PNBP-nya sangart besar," katanya.

Baca Juga: E-Sport Makin Populer, Begini Dampaknya ke Industri Laptop dan Telekomunikasi

Sandiaga melihat, pasar gim global akan terus mengalami kenaikan pangsa pasar hingga US$ 504,28 miliar pada 2030 mendatang. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 69,7% dibandingkan pasar gim pada 2024.

Hanya saja, permasahan utamanya adalah ekosistem gim saat ini masih dikuasai oleh gim asing sebesar 99,5%, sedangkan gim lokal hanya menguasai 0,5%. 

Oleh karena itu, implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2024 diperlukan untuk mendorong penguatan ekosistem gim lokal menguasai 70% pasar dalam negeri, meningkatkan pemanfaatan gim lokal oleh K/L, pemerintah daerah (pemda), BUMN, BUMD dan institusi pendidikan. 

Dalam laporan Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia 2023/2024, pertumbuhan sektor games di Indonesia bergerak secara positif. 

Hal ini dapat dilihat dari beberapa games lokal Indonesia yang berhasil mencapai pendapatan yang baik pada tahun 2023. Beberapa games lokal buatan Indonesia seperti Coral Island, Potion Permit, A Space For Unbound, Coffee Talk Episode 2 : Hibiscus & Butterfly berhasil terjual 30 ribu hingga 150 ribu copy dengan gross revenue pendapatan rata - rata diatas  US$ 400 ribu dollar hingga US$ 3,2 juta.

Selanjutnya: KKP Stop Operasional 2 Kapal Singapura yang Maling Pasir Laut di Kepri

Menarik Dibaca: Cara Membersihkan Kamar Mandi yang Efektif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat