PUPR Sebut Pembangunan Tanggul Pantai Selesai Tahun 2025



KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut proyek pembangunan tanggul pantai di Utara Jakarta bakal selesai pada tahun 2025.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah mengatakan, pada proyek tanggul pantai alias national capital integrated coastal development (NCICD) yang digarap Kementerian PUPR sudah hampir rampung.

“PU sudah sedikit lagi (selesaikan tanggul pantai), mudah-mudahan tahun depan sudah selesai,” ujarnya saat ditemui di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (1/10).


Zainal mengungkapkan, proyek tanggul pantai tersebut dikerjakan bersama antara Kementerian PUPR dan Pemerintah (Pemprov) DKI Jakarta.

Baca Juga: PUPR Lanjutkan Rencana Pembangunan Tanggul Laut Usai Pelantikan Prabowo

Dia menyebutkan, di Jakarta memang ditemukan penurunan permukaan tanah (land subsidence), ini juga akibat dari ekstraksi air tanah yang berlebih (over extraction). Untuk itu, diharapkan tanggul pantai ini bisa menghindari warga dari banjir.

Berdasarkan catatan KONTAN, proyek tanggul pantai tersebut merupakan bagian dari upaya mengatasi banjir di Jakarta yang disebabkan air laut pasang atau banjir rob.

Dari 46 kilometer (km) wilayah yang direncanakan pembangunan tanggul pantai, 13 km di antaranya telah rampung. Lalu 33 km sisanya dibagi pengerjaannya, yakni 22 km digarap oleh Pemprov DKI Jakarta dan 1 km oleh Kementerian PUPR.

Baca Juga: Gandeng China, PUPR Berencana Bangun Tanggul Laut Sepanjang 22 Km Bekasi-Tangerang

Selanjutnya: Ini 9 Buku Bacaan Elon Musk yang Jadi Inspirasi Berbisnis

Menarik Dibaca: Hindari 10 Buah Ini Jika Menderita Diabetes, Cek Daftarnya Berikut!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati