Pupuk Kaltim Raih Juara di Perhelatan ARA 2023 Berkat Transparansi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pupuk Kaltim berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan dan ketahanan perusahaan, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan industri yang terus bergerak dinamis

Direktur Utama Pupuk Kaltim, Budi Wahju Soesilo, mengatakan transparansi dan Good Corporate Governance (GCG) menjadi kunci Pupuk Kaltim. Hal ini dijabarkan melalui kinerja keberlanjutan dalam laporan tahunan.

Pengungkapan berbagai aspek dalam laporan tahunan, menjadi wujud komitmen Pupuk Kaltim terhadap keterbukaan informasi publik terkait kinerja perusahaan, pengelolaan risiko hingga langkah keberlanjutan yang dilakukan. 


“Hal ini pun menjadi penegasan Pupuk Kaltim dalam menjalankan bisnis yang bertanggung jawab, dengan terus mengedepankan transparansi yang dapat dipertanggungjawabkan dalam setiap aspek,” kata Budi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/10).

Baca Juga: CIMB Niaga Syariah Dukung Ekosistem Syariah untuk Semua melalui Haya Festival 2024

Budi bilang, pihaknya akan terus menjalankan bisnis yang tidak hanya berorientasi pada profit, tetapi juga memastikan seluruh aktivitas operasional dilakukan dengan penuh tanggung jawab, transparan dan berkelanjutan.

Untuk itu,  Pupuk Kaltim terus mengembangkan inovasi dalam penyusunan laporan tahunan, yang tidak hanya berfokus pada penyajian data dan informasi keuangan, tetapi juga memasukkan elemen penting lainnya seperti laporan lingkungan, sosial dan tata kelola untuk memastikan aktivitas industri selalu memperhatikan aspek lingkungan sekitar.   Selain itu, penyusunan laporan tahunan Pupuk Kaltim tidak hanya untuk memenuhi standar regulasi, tetapi juga memberikan informasi jelas dan komprehensif kepada para pemangku kepentingan. Utamanya memadukan antara kinerja keuangan dan pengungkapan non-keuangan, yang menjadi dasar penting dalam mengevaluasi kinerja perusahaan secara keseluruhan.   Salah satu inovasinya yakni integrasi pendekatan keberlanjutan dalam pelaporan, dengan menekankan pentingnya dampak positif Perusahaan bagi masyarakat dan lingkungan. Langkah ini wujud komitmen Pupuk Kaltim menjalankan bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab, salah satunya implementasi program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang berfokus pada pembangunan masyarakat, pengelolaan lingkungan, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Baca Juga: Bank Mandiri Juara 1 ARA 2023: Kualitas Laporan Tahunan yang Transparan dan Akuntabel   "Seluruh program disusun dan dilaksanakan sesuai sasaran, dengan memperhatikan aspek keberlanjutan didalamnya. Mulai dari dukungan terhadap pengembangan UMKM lokal, pendidikan, kesehatan dan lingkungan, hingga program sosial lainnya yang berdampak positif di masyarakat," terang Soesilo.   Begitu pula untuk kepatuhan terhadap regulasi dan implementasi GCG, menjadi fondasi utama Pupuk Kaltim dalam menjalankan bisnis, guna memastikan setiap keputusan yang diambil tidak hanya mematuhi aspek hukum yang berlaku, tetapi juga berlandaskan pada nilai etika yang tinggi sebagai hal mutlak dalam tata kelola perusahaan.

Atas transparansi pengungkapan praktik governansi korporat dan keberlanjutan dalam laporan tahunan, Pupuk Kaltim berhasil  Juara 1 Annual Report Award (ARA) 2023 kategori Non Go Publik Non Keuangan.

Selanjutnya: Apa Gula Darah 150 Diabetes? Inilah Batasan Gula Darah Normal

Menarik Dibaca: Rekomendasi Mesin Cuci Harga Rp 1 juta-an!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk