KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Situasi menantang akibat pandemi COVID-19 telah mengubah persepsi khalayak tentang pentingnya literasi keuangan. Timbulnya kekhawatiran akan ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 menjadi salah satu motivasi utama untuk mengenal lebih jauh tentang manajemen dan risiko keuangan, seperti mempersiapkan dana darurat dan asuransi. Namun, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019, penetrasi asuransi di Indonesia masih tergolong rendah, yaitu sekitar 3%. Guna menjawab kebutuhan proteksi masyarakat, termasuk milenial, Qoala, perusahaan
startup yang bergerak di bidang insurance technology (insurtech), menghadirkan pembelian produk asuransi melalui
website www.qoala.app dengan proses 100%
online.
VP of Direct to Consumer Qoala, Theresia Ateng mengungkapkan, melalui Qoala.app, produk asuransi tersedia secara
online dan dapat diakses dengan mudah sehingga cocok untuk para milenial yang membutuhkan proteksi.
Baca Juga: Ekonomi mulai pulih, bisnis asuransi jiwa kembali menggeliat Ia menjelaskan bahwa, nasabah bisa membandingkan dan mempelajari berbagai pilihan produk asuransi dengan transparan, serta menentukan mana manfaat perlindungan yang paling sesuai. "Qoala.app membuat pengalaman berasuransi menjadi lebih mudah, cepat, tepat dan tanpa proses yang panjang dan rumit. Khusus untuk pembayaran, Qoala.app bekerja sama dengan layanan pembayaran digital, termasuk ShopeePay. Qoala.app pun bergabung dalam program Super Online Deals yang diselenggarakan pada tanggal 17-21 Mei 2021. Promo kolaborasi ini pun masih dapat digabungkan dengan promo lain yang ada di Qoala.app," ujar Theresia dalam siaran pers, Senin (17/5). Menurutnya, bagi para milenial, apalagi mereka yang telah memulai keluarga muda, asuransi merupakan aspek penting dalam manajemen risiko dan keuangan keluarga. Sebagai contoh, biaya pengobatan yang mahal dan risiko kehilangan tulang punggung keluarga dapat berdampak signifikan bagi keuangan keluarga, apalagi bagi keluarga muda yang masih merintis. Selain itu, tidak hanya melindungi kesehatan, para milenial pun perlu memproteksi aset berharga yang mampu menunjang produktivitas sehari-hari, mulai dari kendaraan hingga smartphone. Kerusakan pada
smartphone atau kendaraan tentunya akan berdampak pada banyak aspek dalam kehidupan milenial dan biaya perbaikan atau penggantian pun bisa sangat mahal. "Dengan asuransi, seperti yang ditawarkan Qoala.app, biaya perbaikan atau penggantian atas kerusakan yang terjadi pada aset-aset tersebut dapat diminimalisir," katanya. Selanjutnya, dengan adanya digitalisasi di industri asuransi, produk asuransi mulai banyak yang tersedia secara
online dan dapat diakses dengan lebih mudah. Dengan demikian, calon nasabah bisa secara independen membandingkan dan mempelajari dengan transparan berbagai pilihan produk asuransi dan menentukan sendiri mana yang manfaat perlindungannya paling sesuai untuknya. Dengan adanya proses yang lebih transparan dalam berasuransi, potensi konflik di masa depan (misalkan pada saat klaim) karena kesalahpahaman dalam mengerti manfaat produk, dapat diminimalisir. Selain itu, proses digital memungkinkan berasuransi menjadi lebih mudah, cepat, tepat, dan tanpa proses yang panjang dan rumit.
Theresia menyebut, di era sekarang ini, asuransi bukan lagi produk yang mahal. Seperti yang ditawarkan Qoala.app dalam program ShopeePay Super Online Deals, nasabah bisa mendapatkan
cashback hingga 100%. Untuk mendapatkan
cashback, nasabah hanya perlu memilih metode pembayaran ShopeePay saat akan melakukan pembayaran di www.qoala.app selama periode promo berlangsung.
Cashback akan secara langsung didapatkan secara instan setelah pembayaran berhasil dilakukan. "Kerja sama dengan Shopeepay merupakan bentuk dukungan Qoala.app mendorong transaksi digital dan non-tunai, khususnya dalam industri asuransi. Dengan adanya kerja sama ini, Qoala berharap agar kenyamanan dalam bertransaksi dan melakukan pembayaran asuransi dapat semakin dirasakan oleh lebih banyak nasabah," tutup Theresia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Handoyo .