Ragam Makanan Tradisional Indonesia yang Menyehatkan, Pecel Salah Satunya



MOMSMONEY.ID - Indonesia tidak hanya kaya akan budaya dan alam, tetapi juga keanekaragaman kuliner yang lezat dan menyehatkan. Berbagai daerah memiliki makanan tradisional yang tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan. Apa saja sih makanan tradisional Indonesia yang menyehatkan?

Menyadur dari laman Dokter Sehat, berikut adalah beberapa contoh makanan tradisional Indonesia yang menyehatkan dan patut Anda coba:

1. Pecel Sayur


Pecel adalah hidangan sayuran rebus yang populer di Indonesia. Sayuran yang ada dalam pecel adalah campuran wortel, bayam, dan kecambah, yang disajikan dengan sambal kacang.

Sambal ini dibuat dari kacang tanah yang dicampur dengan bawang putih, gula merah, garam, cabai, daun jeruk, dan asam jawa.

Pecel seringkali dilengkapi dengan nasi dan lauk seperti tempe dan telur. Kaya akan karoten, zat besi, lutein, asam folat, vitamin E, dan berbagai senyawa bioaktif lainnya, pecel tidak hanya lezat tetapi juga sangat bergizi.

Baca Juga: Dikenal Lezat, Ini 7 Khasiat Susu Jahe untuk Kesehatan Tubuh Anda

2. Gado-Gado

Gado-gado adalah hidangan yang terdiri dari aneka sayuran seperti kacang panjang, selada, kentang rebus, taoge, kol, dan telur rebus yang disiram dengan saus kacang.

Makanan ini sangat baik untuk diet sehat karena kaya akan vitamin, mineral, serat pangan, dan antioksidan yang mendukung kesehatan dan kebugaran tubuh.

3. Soto

Soto adalah sup tradisional Indonesia yang tersedia dalam berbagai varian. Umumnya dibuat dari daging ayam atau sapi, dan ditambahkan dengan bihun, kol, tauge, tomat, telur rebus, jeruk nipis, dan emping.

Soto kaya akan protein, kalsium, asam amino, zat besi, fosfor, serta vitamin D, A, C, dan E, menjadikannya pilihan makanan yang tidak hanya lezat tetapi juga menyehatkan.

Baca Juga: Coba Lakukan yuk, Ini 9 Olahraga Terbaik untuk Penderita Diabetes

4. Rendang

Rendang berasal dari Sumatera Barat. Tidak hanya dikenal sebagai salah satu makanan terlezat di dunia, tetapi juga sangat bergizi. Rendang kaya akan protein, berbagai mineral seperti kalsium, zat besi, dan magnesium, serta mengandung L-Carnitine dan glutathione yang baik untuk kesehatan.

5. Brongkos

Brongkos adalah semur daging khas Jawa yang disukai banyak orang. Hidangan ini meliputi daging sandung lamur, tahu, kacang polong, dan dimasak dengan santan serta bumbu seperti cabai, serai, daun salam, lengkuas, daun jeruk, bawang putih, bawang merah, kluwak, ketumbar, kemiri, gula aren, garam, dan kunyit.

Brongkos kaya akan protein, karbohidrat, lemak, kalsium, zat besi, vitamin A, B1, dan C, menjadikannya makanan yang sangat bergizi.

Baca Juga: 8 Manfaat Kesehatan Jeruk Nipis yang Sayang untuk Dilewatkan, Cek di Sini

6. Sayur Tempe Lombok Ijo

Sayur ini adalah masakan tradisional dari Yogyakarta yang berbahan dasar tempe, cabai hijau, dan santan. Tempe, yang dibuat dari kedelai fermentasi, adalah sumber protein dan juga kaya vitamin B12, fitokimia, antioksidan, dan polisakarida.

Konsumsi tempe dapat mendukung kesehatan usus, mencegah penyakit kardiovaskular, dan bahkan beberapa jenis kanker.

Itulah beberapa contoh makanan tradisional Indonesia yang menyehatkan. Anda tertarik untuk mencoba yang mana setelah ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas