Rahasia Punya BB Ideal, Ikuti 9 Tips Gemukin Badan yang Aman Ini yuk!



MOMSMONEY.ID - Capai berat badan ideal dengan mudah. Mari ikuti tips gemukin badan yang aman berikut ini!

Bagi banyak orang, memiliki berat badan ideal tidak hanya soal penampilan, tetapi juga kesehatan. Meskipun kebanyakan orang berusaha menurunkan berat badan, ada juga yang kesulitan menambah berat badan meski sudah makan banyak.

Menambah berat badan dengan cara yang sehat dan aman adalah hal penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal tanpa risiko kesehatan.


Baca Juga: 5 Minuman yang Harus Dihindari Jika Kulit Rentan Berjerawat, Apa Saja?

Melansir dari laman Alodokter dan Halodoc, berikut adalah tips gemukin badan yang bisa Anda coba untuk mencapai berat badan ideal dengan cara yang aman:

1. Makan Lebih Sering

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah makan lebih sering. Tujuannya adalah untuk meningkatkan asupan nutrisi dan kalori yang diperlukan tubuh agar berat badan bertambah.

Jika Anda merasa susah makan dalam porsi besar, coba makan dalam porsi kecil tapi lebih sering, sekitar lima hingga enam kali sehari.

2.  Tambah Asupan Kalori Harian

Untuk menaikkan berat badan, Anda perlu surplus kalori, yaitu mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan tubuh. Anda bisa menambahkan 700–1.000 kalori ekstra per hari.

Tidak harus makan banyak dalam satu waktu, Anda bisa membagi asupan kalori ini ke dalam beberapa porsi kecil yang dimakan lebih sering.

Pilih makanan tinggi kalori yang sehat, seperti nasi, alpukat, selai kacang, keju, cokelat hitam, dan milkshake, daripada makanan cepat saji atau gorengan.

Baca Juga: 7 Minuman Terbaik untuk Mengurangi Jerawat di Wajah, Cek di Sini

3. Perbanyak Konsumsi Protein

Protein sangat penting untuk menaikkan berat badan karena membantu meningkatkan massa otot. Makanan berprotein tinggi seperti daging merah, ayam, ikan, telur, tahu, tempe, dan kacang-kacangan bisa Anda konsumsi.

Usahakan untuk makan 1–1,6 gram protein per kilogram berat badan Anda setiap hari. Namun, jangan konsumsi terlalu banyak protein karena bisa mengurangi nafsu makan Anda.

4. Perhatikan Karbohidrat dan Lemak Sehat

Makanan tinggi karbohidrat dan lemak bukanlah musuh kalau Anda ingin gemuk. Justru Anda dianjurkan untuk mengonsumsi lebih banyak karbohidrat kompleks dan lemak sehat, seperti oatmeal, kentang, nasi merah, alpukat, dan keju.

Makanan ini kaya kalori, yang membantu Anda menaikkan berat badan.

Baca Juga: 15 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet Menurunkan Berat Badan

5. Konsumsi Makanan Padat Energi

Makanan padat energi seperti nasi, kacang almond, kismis, dan susu penambah berat badan, mengandung banyak kalori yang dapat membantu Anda cepat gemuk.

Selain itu, makanan ini juga memberikan Anda energi untuk beraktivitas sepanjang hari.

6. Latihan Beban Rutin

Selain makan, Anda juga harus rajin olahraga, terutama latihan beban, agar massa otot Anda meningkat dan berat badan naik. Lakukan latihan beban setidaknya tiga kali seminggu untuk menguatkan otot.

Hindari terlalu banyak olahraga kardio karena bisa membakar kalori berlebih yang seharusnya Anda simpan untuk menambah berat badan.

Baca Juga: 13 Tips Menurunkan Berat Badan yang Terbukti Ampuh

7. Kelola Stres

Stres dapat menyebabkan penurunan berat badan. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres. Anda bisa mencoba yoga atau meditasi untuk membantu menenangkan pikiran.

Jika stres Anda berlanjut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog.

8. Tidur yang Cukup

Tidur berkualitas sangat penting untuk pembentukan otot dan pemulihan energi. Selain itu, tidur cukup membantu mengurangi stres dan menjaga metabolisme tubuh agar berjalan normal, sehingga membantu Anda menambah berat badan lebih cepat.

Baca Juga: 14 Tips Diet Sehat untuk Dapatkan Berat Badan Ideal, yuk Intip di Sini!

9. Minum Susu

Susu dan produk olahannya, seperti yoghurt dan keju, kaya akan kalori, protein, dan lemak yang penting untuk menambah berat badan. Selain itu, susu juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Anda bisa minum susu sapi atau susu yang khusus dirancang untuk menambah berat badan sebagai bagian dari cara yang lebih sehat untuk menggemukkan badan.

Nah, itulah tips gemukin badan yang aman dan dapat Anda coba. Semoga bermanfaat dan berhasil, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas