Raih Rekor MURI, CIMB Niaga Bank Pertama Gelar Pembelajaran Berbasis Virtual Reality



KONTAN.CO.ID - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) berhasil mencatatkan rekor baru di Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) yaitu sebagai Bank Pertama yang Menyelenggarakan Pembelajaran dengan Virtual Reality (VR) Headset. Pengakuan atas inovasi berkelanjutan CIMB Niaga dalam memanfaatkan teknologi VR untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) ini kian mengukuhkan posisi CIMB Niaga sebagai salah satu game-changer di industri perbankan di Indonesia.

Piagam Rekor MURI tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Direktur Utama MURI Osmar Semesta Susilo kepada Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan bersama Direktur Human Resorces CIMB Niaga Joni Raini bertepatan dengan Syukuran Hari Ulang Tahun CIMB Niaga ke-67 di Jakarta.

“Terima kasih kepada MURI atas apresiasi yang diberikan dan semua pihak yang mendukung digitalisasi pengembangan SDM di CIMB Niaga hingga mencapai kemajuan signifikan seperti saat ini. Penggunaan teknologi VR merupakan bagian dari perwujudan HyWork (cara kerja baru yang lebih fleksibel serta efektif dalam meningkatkan produktivitas, kolaborasi, dan hubungan sesama karyawan), khususnya pada pilar HyLearn untuk meningkatkan pengalaman training secara digital yang efektif, efisien, dan menyenangkan,” kata Joni di Jakarta, Rabu (12/10/2022).


Seperti diketahui, VR merupakan teknologi yang mampu menciptakan simulasi dengan menghadirkan visual dan suasana tiga dimensi. Teknologi tersebut diadopsi CIMB Niaga melalui VR Headset yang menghadirkan pengalaman belajar imersif berbasis skenario, menggunakan video 360 derajat, dan konten model tiga dimensi (3D) ke dalam lingkungan pelatihan yang disimulasikan.

Saat ini VR Headset tersedia di 325 kantor cabang CIMB Niaga yang tersebar di 95 kota di Indonesia. Melalui perangkat tersebut, sebanyak 4.500 peserta telah menyelesaikan beragam modul pembelajaran seperti pembukaan rekening baru, penanganan pengaduan nasabah, dan transaksi teller (khusus untuk frontliner), serta modul dasar untuk semua karyawan seperti fire-drill, coaching dan lainnya.  Selain itu, CIMB Niaga juga telah meluncurkan 4 VR Corner di kantor pusat dan Learning Center untuk memfasilitasi karyawan dalam mempelajari modul-modul yang tersedia atau mencoba aktivitas photo booth yang menyenangkan.

Joni menjelaskan, kemudahan pembelajaran bagi karyawan melalui VR sejalan dengan semangat Enabling Talent yang merupakan bagian dari nilai-nilai EPICC CIMB Niaga (Enabling Talent, Passion, Integrity & Accountability, Collaboration, Customer Centricity). CIMB Niaga berkomitmen untuk memberdayakan dan mengembangkan setiap karyawan serta berupaya menjadi tempat terbaik bagi talenta-talenta yang ada.

“Kami terus berinvestasi dalam pengembangan SDM dengan memberikan kesempatan belajar baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Salah satu metode pembelajaran terbaru yaitu dengan teknologi VR. Kami berharap inovasi ini dapat meningkatkan motivasi karyawan untuk memberikan kontribusi terbaik kepada perusahaan,” ujar Joni.

Baca Juga: AIA dan CIMB Niaga Luncurkan AIA Fortuna Prestige Legacy

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB) / Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, Rekening Ponsel, BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile. Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.

Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan. Dengan semangat Anda #YangUtama, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 30 Juni 2022, layanan CIMB Niaga didukung dengan 11.666 karyawan (konsolidasi), 420 kantor cabang, 4.432 ATM, serta 281.596 EDC dan QR yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 30 Juni 2022, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD11,8 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti