KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Alibaba Group Holding Limited telah resmi membuka Festival 11.11 Global Shopping. Ini merupakan festival belanja daring terbesar di dunia dari sisi gross merchandise value (GMV). Dalam satu jam 48 detik penyelenggaraaan festival 11.11 tersebut, Alibaba telah berhasil mencatatkan total GMV lewat transaksi Alipay sebesar US$ 10 miliar atau RMB 69,3 miliar. Dalam 1 jam 47 detik, total transaksi telah mencapai RMB 100 miliar dan bahkan pada pukul 8 lewat 8 menit 25 detik (waktu Shanghai) total transaksi yang telah dicatatkan telah melampaui transaksi festival tahun 2016 yang mencapai RMB 120,7 miliar.
Jet Jing,
President of Tmall mengatakan, yang membedakan festival 11.11 dengan festival lainnya adalah pemanfaatan strategi dan inovasi teknologi
new retail untuk mendefinisikan pengalaman dalam perdagangan baik untuk penjualan maupun pembeli dalam ekosistem Alibaba. "Saya sangat gembira menonton persiapan Festival 11.11 Global Shopping ini. Semua digital ekosistem bisnis kita ada di sini," kata Jet saat hitung mundur dimulainya penyelengaraan Festival 11.11 di Shanghai, Sabtu (10/11). Dalam beberapa jam menjelang perhelatan 11.11 Global Shopping Festival, platform
streaming video milik Alibaba yakni Youku menggelar acara gala hitung mundur keempat untuk merayakan peluncuran festival belanja daring tersebut. Para penonton bisa menyaksikan gala secara langsung melalui Youku, serta di dua stasiun TV terkemuka di China. Tahun ini, gala menghadirkan penampilan artis-artis internasional seperti MirandaKerr, Mariah Carey,dan atraksi dari Cirquedu Soleil. Seperti diketahui Festival 11.11 Global Shopping dimulai pada tahun 2009 dan hanya ada 27 pedagang yang berpartisipasi dalam acara tersebut. Pada saat itu, festival belanja diadakan untuk memperkenalkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap nilai jual belanja daring. Sementara tahun 2017, lebih dari 140.000 merek dan penjual berpartisipasi dalam acara festival belanja globa lini. Para pelangga menghabiskan RMB 168,2 miliar dalam kurun waktu 24 jam. Adapun festival tahun 2018 ini, sebanyak 180.000 merek China dan seluruh dunia akan berpartisipasi. Pre order mencapai RMB 100 juta Sebanyak 33 merek di Tmall telah melaporkan pre-order senilai RMB 100 juta di 11.11 Global Shopping Festival 2018 ini. Nilai pre-order untuk kategori perangkat elektronik konsumen di Tmall telah melonjak enam kali lipat
(year-on-year) dengan merek-merek populer seperti Apple, Huawei, Haier, Xiaomi, Midea, Siemens, Gree dan Dyson.
Nilai total
pre-order produk kecantikan naik dua kali lipat dari tahun lalu, dengan pre-order 12 merek mencapai lebih dari RMB 100 juta, untuk Lancôme, Olay, Estée Lauder, SK-II, L’Oréal, Snow Show, Elizabeth Arden dan Shiseido Tak hanya peralatan elektronik dan produk kecantikan, mobil juga menjadi pilihan populer. Buick mencatatkan pre-order 7.000 mobil dalam sepekan, 1.000 pembeli diantaranya berasal dari warga pedesaan yang proses transaksinya dibantu oleh perwakilan Rural Taobao di pusat-pusat desa Rural Taobao, jaringan yang dibentuk Alibaba untuk mendorong perniagaan dua arah antara wilayah pedesaan dan wilayah perkotaan di China. Selain itu, 90 mobil Land Rover senilai RMB 265.900 juga terjual lewat pre-order. Produk lain yang banyak diminati lewat pre-order adalah
pre-order menginap di hotel-hotel bintang lima, seperti Marriott, Hilton, Hyatt, dan Intercontinental, yang kumulatif telah menjual pemesanan 350.000 malam; scarf bahan wol edisi terbatas Burberry langsung habis di hari pertama
pre-order. Sementara New Balance, telah menjual 60.000 pasang sepatu keluaran terbaru melalui
pre-order yang ditawarkan melalui Tmall. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Herlina Kartika Dewi