Rajawali Nusindo Targetkan Pendapatan Naik 10,9% Menjadi Rp 5,2 Triliun pada 2023



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Rajawali Nusindo, Member of ID FOOD yang bergerak di bidang perdagangan dan distribusi menargetkan pendapatan Rp 5,2 triliun di tahun 2023.

Direktur Utama PT Rajawali Nusindo Iskak Putra mengatakan, pada tahun 2023 Rajawali Nusindo telah mencanangkan target pendapatan penjualan sebesar Rp 5,2 triliun atau tumbuh 10,9% dari realisasi tahun 2022, dengan nilai EBITDA Rp 326,9 miliar.

Target pertumbuhan penjualan di tahun 2023 tersebut terdiri dari distribusi produk food sebesar Rp 1,82 Triliun dan produk non food sebesar Rp 3,38 Triliun. 


"Penjualan dari minyak, beras, gula dan lain lain menjadi andalan penjualan produk food," ungkap Iskak, dalam keterangan resminya, Selasa (14/2). 

Baca Juga: ID FOOD Bidik Pendapatan Rp 17 Triliun di 2023

Sementara itu, pada tahun 2022, Rajawali Nusindo berhasil membukukan penjualan sebesar Rp 4,69 triliun, dengan porsi 53,36% di antaranya kategori food dan 46,6% sisanya non-food. 

Dia melanjutkan, untuk memaksimalkan bisnis tahun ini perseroan menyiapkan sejumlah strategi. 

Di antaranya, perbaikan implementasi bisnis proses, perluasan pangsa pasar food, pengembangkan segmen pasar ekspor, pengembangan bisnis baik food maupun non food, hingga peningkatan investasi perusahaan dan peningkatan kualitas SDM. 

Sejak tahun 2022, kata Iskak, perusahaan memfokuskan inovasi pada kemampuan teknologi informasi perusahaan dengan mengembangkan aplikasi yang dikembangkan secara mandiri oleh tim Teknologi Informasi Perusahaan. 

"Aplikasi yang terintegrasi dengan ERP Perusahaan ini menampilkan data penjualan dan laba yang diperoleh perusahaan melalui 43 cabang di seluruh wilayah Indonesia secara informatif," tuturnya. 

Baca Juga: Posisi Buat Semua Jurusan di Rekrutmen Bersama BUMN 2022 Batch 2, Simak Daftarnya Ini

Selain inovasi sistem teknologi informasi, perusahaan juga melakukan upaya peningkatan kinerja bisnis dengan mengembangkan varian serta pasar produk own brand milik Perusahaan. 

Dalam rangka memperluas jangkauan pasar produk pangan, perusahaan menambah empat varian beras RANIA, yaitu RANIA Jasmine Rice, RANIA Pulen, RANIA Sedap Pulen, dan RANIA Pulen Wangi. Selain itu, Perusahaan juga memperluas jangkauan pasar dengan memperkuat jaringan pelanggan pada channel Modern Trade.

Rajawali Nusindo percaya bahwa bisnis di bidang perdagangan dan distribusi akan terus tumbuh. Keyakinan ini juga diperkuat dengan beberapa faktor penunjang yang menjadi keunggulan perusahaan baik dari aspek operasional maupun strategi pengembangan usaha yang dilakukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli