KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menurut data start up logistik e-commerce berbasis teknologi Paxel, selama bulan puasa konsumen mengirim paket dengan layanan same day delivery, atau pengiriman tiba di hari yang sama mengalami kenaikan jumlah pengiriman barang hingga 64%. Data tersebut terhitung dari tanggal 5 Mei - 4 Juni 2019, di mana terjadi pertumbuhan dibanding pengiriman pada bulan sebelumnya di tahun 2019. “Selama bulan puasa, kami melihat konsumen lebih ingin produknya cepat sampai, sehingga jumlah pengiriman melonjak tajam. Konsumen lebih banyak mengirim makanan beku baik dalam maupun antar kota," ujar Co-Founder Paxel dan Ketua Asosiasi Logistik Indonesia, Zaldy Ilham Masita, dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Selasa (25/6).
Sepanjang bulan puasa, konsumen paling banyak menggunakan same day delivery untuk mengirim produk makanan hingga mencapai 52%, diikuti fesyen 20,7%, produk kesehatan dan kosmetik 10,8%, buku 6,7% dan peralatan rumah tangga 4,2%. Berbanding terbalik dengan jenis paket lainnya, pengiriman buku dan dokumen malah menurun di bulan puasa, dibanding dengan empat bulan sebelumnya.