Rambutmu Rontok? Konsumsi 7 Makanan Penyubur Rambut Supaya Kuat dan Tebal



MOMSMONEY.ID - Perawatan rambut tak cuma bisa dilakukan dari luar saja, tapi juga dari dalam, salah satunya dengan mengonsumsi makanan penyubur rambut.

Makanan penyubur rambut adalah jenis makanan yang mengandung aneka nutrisi penting seperti zat besi, magnesium, vitamin A hingga vitamin B12 yang memang baik untuk kesehatan rambut.

Langsung saja kita intip aneka makanan penyubur rambut supaya rambut jadi kuat, tebal, dan sehat.


Baca Juga: 5 Fakta Perbedaan Ketombe dan Kulit Kepala Kering, Sekilas Bentuknya Mirip

Wortel

Wortel merupakan salah satu makanan penyubur rambut yang kaya akan vitamin A, dikutip dari Metropolis India.

Vitamin A itu sendiri penting untuk pertumbuhan sel rambut menjadi lebih cepat, serta meningkatka produksi sebum di kepala sehingga rambut jadi terhidrasi. Uniknya, wortel juga bisa mencegah rambut beruban karena bisa melancarkan aliran sirkulasi darah ke kepala.

Bayam

Bayam kaya akan vitamin A, C, zat besi, hingga folat. Itulah mengapa bayam disebut sebagai makanan penyubur rambut.

Penelitian, dikutip dari Healthline, menyebutkan bahwa vitamin A penting untuk pertumbuhan rambut. Zat besi di dalamnya juga membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk mendukung metabolisme dan membantu pertumbuhan dan perbaikan rambut.

Baca Juga: Stop 7 Kebiasaan Buruk Ini yang Bikin Rambut Rontok dan Tipis

Kaldu tulang

Kaldu ayam, ataupun sapi kaya akan kandungan kolagen yang dapat menyuburkan rambut.

“Kaldu tulang mengandung banyak protein yang mengenyangkan, juga penting untuk kesehatan rambut,” ucap Tamburello, seorang ahli gizi di Fresh Communication, dikutip dari Real Simple.

Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C yang ternyata bisa menyuburkan rambut juga, lho! Selain itu, jeruk juga menawarkan vitamin A & sederet nutrisi lainnya yang memang membantu rambut tampak lebih tebal dan sehat.

Baca Juga: 5 Essential Oil Terbaik untuk Meningkatkan Pertumbuhan Rambut, Bye Rambut Rontok!

Pisang

Makanan penyubur rambut lainnya yang kaya akan vitamin B6, B12, dan asam folat adalah pisang. Buah ini jika dikonsumsi rutin akan membantu membuat rambut jauh lebih lebat.

Selain pisang, makanan yang mengandung nutrisi tadi ada pada kentang, daging, kacang-kacangan, dan sayuran.

Baca Juga: 5 Cara Memanjangkan Rambut Secara Cepat Tanpa Bikin Rusak

Kuaci

Kuaci atau biji bunga matahari kaya akan protein nabati & vitamin E yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

Mengutip dari Health, sebanyak 1 ons kuaci dapat memenuhi 49% dari Nilai Harian (DV) untuk vitamin E & mengandung 5 gram protein yang dibutuhkan fungsi folikel untuk pertumbuhan rambut yang tepat.

Kuaci juga kaya akan Seng & Selenium yang merupakan mineral penting untuk pertumbuhan rambut.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Vitamin Rambut, Dapatkan Rambut Sehat dan Kuat

Biji labu

Mengonsumsi biji labu sangat baik bagi Anda yang mudah merasa stres. Sebab stres bisa membuat rambut rontok berlebihan akibat meningkatkan kadar hormon kortisol. Magnesium inilah yang mampu membuat stres menurun.

Biji labu adalah sumber magnesium terbaik dengan 156 mg atau memenuhi 37% dari kebutuhan harian tubuh. Biji labu juga menyediakan seng, zat besi, tembaga, dan protein yang semuanya penting untuk kesehatan rambut.

Itu dia aneka makanan penyubur rambut yang tak cuma bikin rambut lebat, tapi juga menebalkan dan menyehatkan rambut.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti