Rapat paripurna pengunduran Jokowi bakal mundur



JAKARTA. Meski telah resmi ditetapkan, pelantikan pimpinan DPRD DKI Jakarta periode 2014-2019 terancam tertunda dari yang seharusnya dilakukan pada Senin (22/9/2014) ini. 

Penyebabnya adalah belum turunnya surat keputusan (SK) pimpinan dari Kementerian Dalam Negeri. "Sampai sekarang SK pimpinan DPRD dari Kemendagri belum turun," ujar ketua sementara DPRD DKI Jhonny Simanjuntak, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin siang. 

Menurut Jhonny, belum turunnya SK pimpinan dari Kemendagri tidak hanya membuat tertundanya pelantikan pimpinan, tetapi juga menunda rapat paripurna lainnya. Meski demikian, Jhonny yakin SK dari Kemendagri tetap akan segera turun. 


Penundaan ini berimbas pula bagi presiden terpilih Joko Widodo. Penundaan tersebut turut menunda rapat paripurna pengunduran diri Jokowi sebagai Gubernur DKI. 

Jhonny memprediksi pelantikan akan dilakukan pada pekan depan. "Paling lambat minggu depan," kata politisi PDI Perjuangan itu. 

Nama-nama pimpinan definitif DPRD DKI Jakarta telah diumumkan pada Selasa (16/9/2014) pekan lalu. Jabatan ketua ditempati Prasetyo Edi Marsudi (PDIP), sedangkan keempat wakilnya adalah Mohammad Taufik (Gerindra); Triwisaksana (PKS); Abraham Lunggana (PPP); dan Ferrial Sofyan (Demokrat).   

Para pimpinan DPRD dipilih lewat mekanisme penunjukan langsung yang dilakukan oleh partainya masing-masing. Kelima nama pimpinan merupakan para kader partai yang menempati posisi lima besar untuk wilayah DKI Jakarta pada pemilu legislatif 2014.( Alsadad Rudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Uji Agung Santosa