Rapimnas dan Munas Partai Golkar Dipastikan Maju pada 20 Agustus 2024



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar akan menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Musyawarah Nasional (Munas) lebih awal pada 20 Agustus mendatang. 

Keputusan untuk mempercepat pelaksanaan Rapimnas dan Munas ini disepakati dalam Rapat Pleno Partai Golkar yang berlangsung pada Selasa malam (13/8). 

"Pada 20 Agustus, kita rencanakan pembukaan Rapimnas di pagi hari dan pembukaan Munas Partai Golkar di malam hari, yang akan digelar di Jakarta," kata Plt Ketua Umum Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita. 


Agus menjelaskan bahwa Rapimnas akan membahas berbagai isu strategis terkait arah partai ke depan. 

Baca Juga: Agus Gumiwang Kartasasmita Resmi Menjabat Sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar

Sementara itu, Munas akan dilakukan untuk memilih Ketua Umum baru setelah pengunduran diri Airlangga Hartarto dari jabatannya sejak Sabtu (10/8) lalu. 

"Perlu adanya ketua umum definitif untuk menghadapi agenda kenegaraan dalam waktu dekat," ujar Agus. 

Pelaksanaan Munas Partai Golkar yang sebelumnya dijadwalkan pada Desember 2024 kini dipercepat. 

Airlangga Hartarto, yang sebelumnya merupakan kandidat kuat untuk melanjutkan posisinya karena kontribusinya dalam meningkatkan suara Golkar pada Pilkada 2020 dan Pileg 2024, kini menghadapi persaingan dari sejumlah nama baru. 

Kandidat-kandidat kuat untuk posisi Ketua Umum definitif saat ini mencakup Bahlil Lahadalia, Bambang Soesatyo alias Bamsoet, dan Agus Gumiwang Kartasasmita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .