Rata-rata harga bensin Indonesia cukup murah?



Bahan-bakar minyak (BBM) menjadi sumber energi yang menguasai hajat hidup orang banyak. Begitu tergantungnya manusia dengan BBM membuat harganya semakin melambung. The Bloomberg Gas Price Ranking, menunjukkan, rata-rata harga bensin termahal dijual di Turki dan terendah di Kuwait. Indonesia sendiri berada di peringkat 49 dunia dengan harga rata-rata Rp 9.350 per liter. Walau cukup rendah, namun pendapatan masyarakat banyak tersedot ke BBM.

Siapa bilang harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia paling mahal? Ranking harga BBM dunia yang dirilis Bloomberg atau The Bloomberg Gas Price Ranking, menyebutkan, harga bensin di Indonesia berada pada peringkat 49 dunia dengan harga rata-rata per galon sebesar US$ 3,68.

Jika kurs rupiah sebesar Rp 9.600 per US$, maka harga rata-rata bensin tanpa timbal di Indonesia sebesar Rp 35.328 per galon, setara Rp 9.350 per liter. Satu galon sama dengan 3,78 liter.


Walau begitu, Bloomberg menghitung, Indonesia berada pada peringkat ke-11 dunia, negara yang masyarakatnya menghabiskan lebih banyak pendapatan per hari untuk membeli BBM. Peringkat itu didapat dengan mengukur persentase pendapatan rata-rata harian yang dibutuhkan untuk membeli satu galon BBM. Rata-rata pendapatan masyarakat Indonesia sebesar US$ 11, dengan konsumsi 0,08 galon per hari.

Berdasarkan harga bensin tanpa timbal pada 3 Januari 2013 sampai 18 Januari 2013, dan data Associates for International Research Inc. (AIRINC), Europe's Energy Portal, International Monetary Fund (IMF), dan the U.S. Energy Information Administration,  negara yang memiliki harga bensin paling mahal adalah Turki.

Dari 60 negara dunia yang disurvai Bloomberg, harga rata-rata BBM di Turki mencapai US$ 9,89 per galon atau Rp 25.000 per liter. Walau harga BBM paling mahal, namun Turki hanya menduduki peringkat ke-7 negara yang masyarakatnya menghabiskan lebih banyak pendapatan untuk membeli BBM, Bloomberg menyebutnya pain at the pump. Pendapatan rata-rata masyarakat Turki mencapai US$ 30 per hari.

Harga BBM paling mahal kedua dunia adalah Norwegia. Rata-rata harga BBM di negara ini mencapai US$ 9,63 per galon. Namun dengan pendapatan rata-rata masyarakat yang tinggi mencapai US$ 280 per hari, peringkat pain at the pump Norwegia sangat rendah yaitu 51.

Peringkat ketiga negara yang memiliki harga bensin tertinggi adalah Belanda. Harga BBM di negara itu mencapai US$ 9,09 per galon dengan peringkat pain at the pump, 40. Dengan pendapatan rata-rata per hari US$ 125, jumlah per kapita masyarakat Belanda yang menggunakan sepeda paling banyak di dunia. Infrastruktur jalur sepeda, terowongan, dan sinyal lalu lintas, membuat masyarakat Belanda sangat suka bersepeda.

Di peringkat empat, Italia dengan US$ 8,87 per galon, disusul Portugal (US$ 8,82 per galon), Yunani (US$ 8,62 per galon), Swedia (US$ 8,50 per galon), Belgia (US$ 8,41 per galon), Prancis (US$ 8,38 per galon), dan Denmark (US$ 8,22 per galon).

Sampai dengan peringkat sepuluh, negara-negara Eropa menjadi negara yang menjual BBM paling mahal. Setelah itu, di peringkat sebelas ada Hong Kong, kemudian Finlandia, dan Inggris. Sedangkan negara Asia, seperti Korea Selatan berada di peringkat 29 dengan US$ 6,77 per galon. Dengan pendapatan rata-rata US$ 67 per hari, peringkat pain at the pump Korsel adalah 32.

Jepang berada di peringkat 32 dengan harga per galon US$ 6,70, kemudian Singapura di peringkat ke 37 (US$ 6,29 per galon) dan peringkat pain at the pump ke 50. India menjadi negara ke-42 dengan harga BBM per galon US$ 5. Walau harganya cukup murah, namun dengan pendapatan masyarakat per hari US$ 4,68, India menduduki pain at the pump ke dua dari atas, setelah Pakistan.

Filipina di peringkat ke-43 (US$ 4,87 per galon), China (US$ 4,74 per galon), dan Thailand (US$ 4,42 per galon) dengan peringkat pain at the pump ke-10. Malaysia berada di peringkat 53 dengan harga US$ 2,36 per galon dan rangking pain at the pump ke-38. Harga BBM di Amerika Serikat cukup rendah US$ 3,29 per galon.Peringkat terakhir Kuwait dengan US$ 0,81 per galon

Editor: Uji Agung Santosa