KONTAN.CO.ID - Qpon memperkuat posisinya sebagai aplikasi local services di Indonesia lewat peluncuran fitur terbaru, Explore, bertepatan dengan perayaan ulang tahun pertama perusahaan. Peluncuran tersebut diumumkan dalam acara Qpon Merchant Gathering & Awarding Night 2025 yang digelar di Ritz-Carlton Ballroom, Pacific Place Jakarta. General Manager
Qpon Digital Indonesia Jimmy Chen menyebut momentum ini menjadi penanda komitmen Qpon dalam membangun ekosistem gaya hidup digital yang semakin terintegrasi, sekaligus memberi apresiasi kepada para merchant, mitra bisnis, dan pengguna yang mendukung pertumbuhan perusahaan sepanjang tahun pertama operasional. “Kami ingin membantu merchant tidak hanya menjangkau lebih banyak pelanggan, tetapi juga mengubah visibilitas tersebut menjadi hasil bisnis yang terukur,” ujar Jimmy.
Sejak meluncur pada November 2024, Qpon mengusung konsep voucher digital
real-time untuk menghadirkan pengalaman hidup yang lebih cerdas dan terjangkau. Lewat aplikasi ini, pengguna bisa menggunakan berbagai promo makanan, minuman, hiburan, hingga layanan gaya hidup. Selama satu tahun, Qpon telah menjadi bagian dari keseharian masyarakat urban Indonesia. Pada Juli 2025, Qpon menempati peringkat pertama untuk Top Free App kategori Travel & Local di Google Play Store serta peringkat ketiga di App Store. Tercatat Qpon kini memiliki lebih dari 43 juta pengguna terdaftar, dan bermitra dengan lebih dari 3.000
brand serta 50.000
outlet di seluruh Indonesia. Kinerja tersebut turut mengantarkan Qpon meraih penghargaan “Emerging Tech Company of the Year” dalam CNBC Indonesia Awards 2025. Lebih lanjut, CEO Qpon, Felix Fang mengatakan, pada tahun 2026, Qpon telah menyiapkan strategi untuk merchant dan mitra guna meningkatkan ekspansi dan layanan. Adapun strategi itu mencakup pengembangan premium merchant program, optimalisasi operasional digital untuk performa harian, penguatan kategori
food and
beverage, serta memperluas kolaborasi
offline dengan pusat perbelanjaan dan komunitas lokal. Dalam meningkatkan
experience pengguna, Qpon turut meluncurkan Explore, sebuah halaman pencarian dan rekomendasi yang membantu pengguna menemukan diskon dari jenama restoran, hiburan, hingga wellness ternama dan terdekat. Fitur ini memuat pencarian cepat dengan filter lokasi (
search), kategori, jarak, konten video pendek (
short video) yang lebih informatif, serta
shortcut untuk mengakses kategori populer seperti F&B, Entertainment, dan Wellness. Felix menjabarkan, fitur Explore dirancang untuk menjawab kendala umum pengguna dalam menemukan referensi tempat. Dengan cakupan lebih dari 1,6 juta titik lokasi di Indonesia, fitur ini diharapkan memberikan proses pencarian yang lebih presisi sekaligus meningkatkan peluang merchant menjangkau pelanggan potensial. Fitur Explore ini didukung beberapa
artificial intelligence (AI) yang membantu Qpon dalam meningkatkan kualitas aplikasi. Qpon Advisor mampu memberikan rekomendasi yang cepat dan akurat. AI Smart Insight dapat memudahkan pengguna untuk memilih menu, deskripsi tempat otomatis, dan multi-bahasa. Serta QRATE merupakan sistem skor transparan untuk rasa, suasana, value, dan popularitas.
Dari sisi
merchant, Qpon memperluas dukungan pertumbuhan berbasis data melalui peningkatan pada Smart Voucher Engine, e-POST,
performance-based ads, serta integrasi promosi lintas platform, termasuk ekosistem OPPO dan sejumlah mitra media. Dengan strategi dukungan tersebut, Felix menyatakan
merchant dapat memperoleh lebih dari 12 miliar impresi per tahun. “Explore dirancang untuk menjawab tantangan terbesar yang dihadapi pengguna saat mencari tempat, mulai dari informasi yang kurang jelas hingga cakupan yang terbatas. Dengan konten yang lebih informatif, pencarian yang lebih presisi, dan akses ke lebih dari 1,6 juta titik lokasi di Indonesia, kami ingin mempermudah proses discovery dan membantu pengguna menemukan tempat yang tepat dengan lebih percaya diri,” ujar Felix Felix menambahkan, merchant yang memanfaatkan fitur ini mencatat peningkatan exposure hingga 100%, lonjakan klik di atas 80%, serta konversi yang tumbuh lebih dari 58%. Explore yang telah ditingkatkan juga memberikan kontribusi besar terhadap visibilitas
merchant, dengan lebih dari 100 juta impresi harian dan peningkatan peringkat pencarian hingga masuk lima besar untuk kategori terkait. Untuk memperkuat kolaborasi dengan
merchant, Qpon meluncurkan Program Dukungan Merchant Berkualitas. Program ini mencakup lebih dari 10 perangkat pemasaran, subsidi platform hingga Rp15 miliar per tahun, alokasi
traffic sebesar 10 miliar, layanan
customer service profesional, sistem POS, pemesanan QR online, bantuan operasional, serta layanan produksi konten video KOL.
Felix menegaskan, Qpon ingin memastikan setiap
merchant memperoleh hasil bisnis yang terukur dan berkelanjutan melalui dukungan teknologi dan traffic yang lebih kuat. “Prioritas kami adalah memastikan setiap merchant dapat merasakan pertumbuhan yang nyata dan berkelanjutan. Dengan dukungan traffic yang lebih kuat, tools pemasaran yang lebih cerdas, dan operasional platform yang lebih efisien,” jelas Felix. Selain inovasi bagi
merchant, Qpon juga memperkokoh pengalaman pengguna melalui promo seperti flash sale mulai Rp1.000, kampanye Double Date dan Payday Hemat, serta program untuk pengguna baru. Dalam jangka panjang, Qpon berencana memperluas kolaborasi dengan
brand lokal dan mengembangkan personalisasi berbasis AI guna meningkatkan relevansi layanan. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News