KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Traveloka tahun ini memperingati 10 tahun perjalanannya di Indonesia. Untuk memeriahkan hari jadinya yang ke-10,
lifestyle superapp ini menghadirkan program promosi bertajuk Salebrat10n serta kampanye Trave10ka BDAY BASH. Selama satu dekade, Traveloka melahirkan berbagai inovasi berbasis teknologi untuk dapat memenuhi kebutuhan perjalanan dan gaya hidup konsumen yang terus berkembang. Berangkat dari
metasearch engine untuk pembanding harga tiket pesawat, kini Traveloka telah bertransformasi menjadi
lifestyle superapp dengan lebih dari 20 produk dan layanan di bawah tiga pilar utama yakni perjalanan (
travel),
local services, dan layanan keuangan (
financial services). Albert,
Co-Founder Traveloka, mengatakan inovasi menjadi kunci utama bagi pihaknya sebagai perusahaan teknologi untuk dapat terus berkembang, beradaptasi, dan menyediakan solusi yang relevan dalam menjawab kebutuhan dan aspirasi konsumen.
"Selama satu dekade ini, kami telah melahirkan beragam produk dan layanan, menghadirkan kemudahan bagi lebih dari 40 juta konsumen kami, menggandeng lebih banyak mitra yang kini jumlahnya telah mencapai jutaan, serta berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk bersama-sama memberikan kontribusi terhadap industri pariwisata dan perekonomian,” kata dia dalam keterangannya, Rabu (23/2).
Baca Juga: Dukung Pertumbuhan UMKM Indonesia, Bank DBS Indonesia Sediakan Solusi Digital Berkomitmen untuk konsisten bertumbuh dan membawa nama Indonesia ke belahan dunia lainnya, Traveloka menjadi
unicorn tanah air pertama yang mengembangkan bisnis di luar negara asalnya, Indonesia. Sejak 2015, Traveloka mengepakkan sayapnya dan menjejakkan kaki di negara-negara lainnya di wilayah Asia Tenggara, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam. Salah satu manifestasi dari komitmen Traveloka untuk terus berinovasi tergambar dari
milestone Traveloka saat meluncurkan layanan Traveloka PayLater pada tahun 2018. Traveloka menjadi pionir yang memperkenalkan konsep yang dikenal sebagai
Buy Now Pay Later (BNPL) di Indonesia untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan akses layanan finansial sehingga membantu mereka untuk dapat mengatur
cashflow dengan lebih baik. Masih dalam ranah layanan keuangan, Traveloka merupakan yang pertama memperkenalkan terobosan PayLater Virtual Number di Asia Tenggara, yaitu metode pembayaran dengan cicilan yang menggunakan nomor virtual. Saat pandemi menghantam keras sektor perjalanan dan pariwisata, Traveloka tak henti berinovasi dan menyesuaikan layanannya. Rangkaian inisiatif juga dilakukan untuk membantu penanganan pandemi di tanah air, seperti membentuk Sentra Vaksinasi COVID-19 Traveloka di berbagai kota besar, Tes COVID-19, hingga fitur Traveloka Clean Partners. Untuk membantu mitra yang terdampak pandemi,
lifestyle superapp ini juga menggelar program EPIC Sale yang sukses meningkatkan transaksi 81.000+ mitranya hingga lebih dari 150% di tengah pendapatan yang minim bahkan hampir tidak ada.
Baca Juga: Tahun Ini, Foodstory Siap Berinvestasi kepada Sekitar 15 Brand F&B Potensial Dalam perjalanannya di satu tahun terakhir, Traveloka terus memperkuat posisinya sebagai
lifestyle superapp dengan melengkapi portofolio produk dan layanannya guna menghadirkan solusi yang menyeluruh. Di bawah bendera perjalanan (Travel), kini hadir Holiday Stays dengan inventori
private accommodation yang lengkap serta QuickRide yang memungkinkan konsumen untuk memesan taksi melalui aplikasi Traveloka. Sementara, fitur Traveloka Eats Delivery, Health, dan Online Xperience disematkan pada unit bisnis
Local Services. Layanan Finansial (
Financial Services) pun juga semakin berkembang dengan adanya Traveloka Gold, Traveloka PayLater Virtual Number hingga produk asuransi dengan cakupan yang semakin luas.
Perayaan Satu Dekade Traveloka
Kini, memasuki tahun ke-10, Traveloka ingin mengapresiasi konsumennya dengan menggelar program promosi bertajuk Salebrat10n dan kampanye Trave10ka Bday Bash. Melalui gelaran Salebrat10n yang didukung oleh Traveloka Clean Partners, pengguna dapat menikmati diskon hingga 70% untuk semua kategori produk dan layanan yang tersedia di aplikasi Traveloka mulai dari 24 Februari - 2 Maret 2022. Selama periode ini, pengguna juga berpeluang mendapat lebih banyak penawaran menarik dengan mengikuti beberapa aktivitas seperti
flash sale pada pukul 19:00-21:00 WIB dan Grand Bazaar pada pukul 12:00-23:59 WIB. Sementara itu, melalui kampanye Trave10ka Bday Bash yang berlangsung pada 16 Februari-13 Maret 2022, Traveloka mengajak konsumennya untuk menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Traveloka sekaligus menyampaikan impian perjalanan melalui unggahan foto atau video melalui Traveloka Explore dengan menyertakan tagar #UltahTrave10ka.
Ada kesempatan memenangkan total hadiah hingga Rp 100.000.000,00 bagi 100 kreator Traveloka Explore dengan jumlah “likes” terbanyak, dan Traveloka juga akan mengabulkan perjalanan impian untuk 3 konten terbaik yang diunggah oleh konsumen setia. Konten dari 100 kreator terbaik ini juga akan ditampilkan di Fame Explore yang berada di laman utama aplikasi Traveloka. Adapun fitur Traveloka Explore merupakan inovasi teranyar Traveloka yang memungkinkan konsumen untuk mengunggah foto dan video singkat mengenai pengalaman perjalanan dan gaya hidup mereka yang bisa dibagikan ke teman dan publik lewat aplikasi Traveloka. “Pencapaian Traveloka selama 10 tahun ini dapat terwujud berkat dukungan dan kepercayaan yang diberikan konsumen, para mitra, pemerintah, serta pemangku kepentingan terkait lainnya. Perjalanan kami tak berhenti sampai di sini, kami akan terus melanjutkan komitmen kami untuk memberikan lebih banyak kontribusi positif kepada tanah air bersama dengan mitra-mitra kami,” tutup Albert. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Tendi Mahadi