Reckitt Benckiser kuasai 40% pasar toilet care



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Reckitt Benckiser meyakini pertumbuhan penjualan di segmen produk rumah tangga di Indonesia sangat besar. Perusahaan saat ini memiliki produk seperti Harpic, Vanish, Tiga Roda dan Brasso. Produk-produk tersebut diyakini masih sangat bisa berkembang mengingat permintaan yang masih terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Steven Debrabandere, Presiden Direktur RB Indonesia mengatakan, saat ini salah satu yang menjadi peluang besar bagi perusahaan adalah produk kebersihan toilet. Dia mengatakan, saat ini Harpic bertumbuh cukup pesat karena masih kecilnya penduduk Indonesia yang memelihara toilet dengan baik.

Menurutnya saat ini hanya ada 16 orang per 100 penduduk Indonesia yang menjaga kebersihan toilet dengan baik, termasuk dengan menggunakan produk-produk pembersih toilet dan kuman. Artinya, potensi pertumbuhan di Indonesia sangat besar dan penetrasi masih harus dilakukan untuk menggenjot penjualan.


“Kami di produk home dengan Harpic dan Vanish itu masih sangat besar kesempatan penetrasi pasarnya, karena hanya 16% penduduk Indonesia yang menggunakan produk toilet care. Saat ini market share kami sudah di level 40% dan itu masih akan terus kami tingkatkan,” ujarnya kepada KONTAN, Rabu (25/10).

Oleh karena itu saat ini yang dilakukan perusahaan adalah berusaha meningkatkan brand awareness untuk produk Harpic ke tengah masyarakat sebagai produk pembersih toilet yang higienis. Sebab, saat ini banyak penduduk Indonesia yang membersihkan toilet tidak dengan produk yang memang dikhususkan untuk kebersihan toilet.

Berdasarkan riset Nielsen, saat ini Harpic masuk ke dalam kategori bathroom and toilet cleaner di luar kategori pembersih lantai. Dalam kategori tersebut perusahaan berhasil menggenggam 20% market share. Namun, Steven mengatakan, untuk toilet care saat ini Harpic masih menjadi pemimpin pasar.

“Di produk toilet kami sangat besar, tapi kalau dikategorikan bathroom and toilet kami hanya 20%. Karena banyak produk bathrooms yang digunakan juga untuk membersihkan toilet,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini