Refund tiket KAI bisa lewat apps, pahami syaratnya



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penumpang kereta api (KA) jarak jauh dengan pembelian tiket hingga keberangkatan 17 Juni 2020 bisa mendapatkan pengembalian uang tiket penuh atau refund 100%. PT Kerata Api Indonesia (Persero) atau KAI memperpanjang waktu keberangkatan yang bisa mendapakan refund 100% dari sebelumnya hanya sampai keberangkatan 4 Juni 2020.

KAI memperpanjang periode pengembalian tiket 100% karena perjalanan KA jarak jauh reguler sampai saat ini masih dibatalkan. “Ketentuan pengembalian penuh ini berlaku untuk pembatalan mulai tanggal 5 Juni 2020 untuk keberangkatan 5 Juni s.d 17 Juni 2020,” kata Joni Martinus, Vice President Public Relations KAI melalui keterangan resmi, Jumat (5/6).

Pembatalan tiket bisa melalui dua cara. Pertama, melalui aplikasi KAI Access. Pembatalan melalui KAI Access dilakukan selambat-lambatnya tiga jam sebelum jadwal keberangkatan KA. Pelanggan akan menerima uang pembatalan melalui transfer rekening bank yang terdaftar paling lambat 30 hari kerja sejak tanggal pembatalan.

Kedua, pembatalan melalui seluruh loket stasiun yang melayani penjualan tiket KA. Pembatalan tiket di loket stasiun dapat dilakukan sampai H+30 dari tanggal keberangkatan. Pelanggan akan mendapatkan uang pembatalan secara tunai.

KAI mengimbau penumpang untuk melakukan pembatalan melalui KAI Access. "Selain lebih mudah, penumpang juga tidak perlu keluar rumah untuk menjaga physical distancing,” tutur Joni.

Saat ini terdapat 7.077 tiket yang belum dibatalkan. Jumlah itu setara 20% dari total 36.097 tiket yang sudah terjual pada periode 5 Juni 2020 hingga 17 Juni 2020 atau tanggal terakhir KAI menerapkan pemesanan tiket H-90.

Sampai dengan 4 Juni 2020, tercatat sudah 863.373 tiket yang dibatalkan oleh penumpang untuk periode H-10 hingga H+10 Lebaran atau 14 Mei-4 Juni 2020. Masih tersisa 5% tiket yang belum dibatalkan dari total tiket yang terjual atau sebanyak 44.422 tiket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anastasia Lilin Yuliantina