Rekor, 150.000 Investor Ritel Ajaib Borong Saham GoTo Gojek Tokopedia (GOTO)



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ajaib Sekuritas Asia mencatat partisipasi investor ritel cukup besar dalam penawaran umum saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Pemesanan yang masuk mencapai rekor.

Direktur Ajaib Sekuritas Asia, Anna Lora menuturkan, partisipasi investor ritel di platform Ajaib dalam IPO GOTO berhasil meraih rekor tertinggi di sejarah pasar modal Indonesia.

“Ajaib meraih rekor baru perusahaan dengan jumlah pemesanan IPO GOTO lebih dari 150.000 investor di aplikasi Ajaib. Angka pencapaian ini mencapai lebih dari 2 kali lipat dari rekor IPO sebelumnya,” kata Anna dalam keterangan resminya, Senin (11/4).

Seperti diketahui, GOTO resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada  Senin (11/4). Dalam hajatan initial public offering (IPO), GOTO berhasil meraih dana segar sejumlah Rp 13,72 triliun.

Baca Juga: Resmi Melantai di Bursa, Saham GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) Tembus Rp 416

GOTO telah menetapkan harga IPO pada Rp 338 per saham dengan melepas 40,61 miliar saham ke masyarakat. Alhasil GOTO berhasil meraih dana segar sebesar Rp 13,72 triliun.

Adapun nilai kapitalisasi pasar GOTO diperkirakan mencapai Rp 400,3 triliun. IPO GOTO kali ini menjadi salah satu yang terbesar di Asia dan di dunia sepanjang tahun 2022 dan akan menjadikan IPO GOTO sebagai emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar keempat di BEI, berada tepat bawah PT Telkom Indonesia Tbk.

Pencapaian ini juga menandakan kebangkitan pasar modal nasional, mulai dari minat dan partisipasi investor ritel domestik yang tumbuh dua kali lipat dari tahun 2021, dan juga transaksi IPO GOTO yang hanya ditangani penjamin emisi efek nasional dan memasarkan kepada investor domestik Indonesia.

 
GOTO Chart by TradingView

“Dengan melantainya saham GOTO di Bursa turut dinilai dapat menjadi penggerak indeks saham teknologi. Hal itu tercermin dari tingginya minat dan antusias investor khususnya investor ritel menyambut GOTO.” pungkas Anna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari