Reksadana Ritel Terbaik 2022 versi Bareksa-KONTAN



KONTAN.CO.ID -  Platform e-investasi Bareksa bersama media bisnis dan investasi terkemuka Kontan (Kompas-Gramedia Group) kembali menyelenggarakan penghargaan industri reksadana Tanah Air, Bareksa-Kontan Fund Awards ke-6 Tahun 2022. 

Ajang ini merupakan penghargaan tahunan bagi produk Reksadana Terbaik dan Manajer Investasi (MI) Juara yang menunjukkan performa terbaik setahun terakhir. Termasuk, Tokoh yang telah menunjukkan dedikasi dan kontribusi bagi pertumbuhan industri reksadana di Indonesia.

Menurut data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah investor pasar modal melonjak signifikan dalam lima tahun terakhir.

Jumlah pemilik SID mencapai 9,77 juta per September 2022, melonjak 770% dibandingkan hanya 1,2 juta investor per akhir 2017. Dari jumlah tersebut, pertumbuhan investor reksadana meningkat lebih fantastis hingga 15 kali lipat mencapai 9,09 juta per September 2022. 

Adapun dana kelolaan reksadana khususnya di APERD fintech juga melonjak signifikan. AUM reksadana secara industri tumbuh 161% dalam 5 tahun terakhir menjadi Rp 548,48 triliun per Juni 2022.

Melalui fintech, kelolaan reksadana melonjak sejak pertama ada di 2016 kini sudah mencapai Rp22,09 triliun. Porsi fintech terhadap industri kini sudah mencapai 4% dibanding dulu hanya 0,01% pada 2016. 

Baca Juga: Begini Strategi Sucorinvest Agar Kinerja Reksadana Pendapatan Tetap Positif

Ardian menjelaskan, Bareksa-Kontan Fund Awards ke-6 Tahun 2022 berbeda dengan tahun sebelumnya, dengan perubahan kategori dan metodologi penilaian sehingga awards yang diserahkan sebelumnya berjumlah 56 awards menjadi 22+1 awards. 

"Penghargaan tahun ini lebih selektif dibandingkan sebelumnya. Hasil penilaian reksadana dan manajer investasi sangat independen, tidak dipengaruhi kepentingan marketing apapun, serta mengedepankan parameter governance," jelas Ardian. 

Barometer Bareksa digunakan sebagai benchmark penilaian Fund Awards 2022 dengan rumus penilaian sebagai berikut: 

  • 20% GCG: terdiri dari 20% kelengkapan pelaporan aset dan 80% record suspensi
  • 40% Sharpe: Semakin tinggi sharpe ratio, semakin tinggi skor
  • 20% AUM: Semakin tinggi dana kelolaan, semakin tinggi skor
  • 20% Strategic Portfolio: Mencocokkan portofolio reksadana dengan strategi dari para analis/konsensus
Di samping itu, dewan juri 6th Bareksa-Kontan Fund Awards yang terlibat dan konsisten dalam penilaian penghargaan adalah Mas Achmad Daniri (Direktur Utama Bursa Efek Indonesia 1999-2002) Lukas Setia Atmadja, Ph.D (akademisi dari Universitas Prasetya Mulya), dan Ardian Taufik Gesuri (Pemimpin Redaksi Kontan).

Baca Juga: Reksadana Campuran Panin Asset Melesat 51% Hingga Oktober 2022

Mas Achmad Daniri yang juga merupakan Dewan Pakar Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG) menegaskan, penghargaan diberikan dengan perhitungan yang teliti dengan mempertimbangkan kinerja produk, risiko, reputasi dan tata kelola manajer investasi. 

"Awards murni diberikan sesuai dengan parameter dan keputusan juri yang independen, obyektif dan tidak dipengaruhi kepentingan pemasaran apapun," kata Daniri. 

Pengumuman dan penganugerahan pemenang Bareksa-Kontan Fund Awards 2022 ini digelar secara offline di Ritz-Carlton Pacific Place, setelah dua tahun berturut dilakukan secara virtual menyesuaikan masa pandemi. Acara ini mengusung tema besar Lawan Inflasi dan Resesi, yang sangat relevan dengan kondisi ekonomi pasca pandemi dan kekhawatiran masyarakat di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendrika