Reksadana saham catat kinerja paling apik dalam sepekan kemarin, ini pendorongnya



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam sepekan kemarin berhasil berada di area hijau. Dalam kurun waktu tersebut, tercatat, IHSG naik 0,17%.

Tak pelak, kinerja positif IHSG turut membuat kinerja reksadana berbasis saham ikut membukukan kinerja positif. Berdasarkan dari laporan Infovesta Utama yang dikeluarkan, Senin (17/5) reksadana saham tumbuh 0,4% dan reksadana campuran naik 0,27%. Reksadana saham pun menjadi reksadana dengan kinerja paling apik dalam sepekan kemarin.

Sama halnya dengan IHSG, pasar obligasi juga berhasil mencatatkan kinerja positif setelah Indeks Infovesta Government Bond naik 0,12% dan Infovesta Corporate Bond naik tipis 0,08%. Kenaikan indeks obligasi pun membuat kinerja reksadana pendapatan tetap ikut tumbuh. Tercatat, reksadana pendapatan tetap membukukan kenaikan 0,10% dalam sepekan terakhir.


Baca Juga: Dana kelolaan industri reksadana akhirnya berhasil naik pada April kemarin

Sementara reksadana pasar uang tercatat berhasil mencatatkan kenaikan 0,04%.

Berikut masing-masing reksadana yang memiliki return tertinggi secara year on year pada 11 Mei 2021. Reksadana saham dengan return tertinggi dipegang oleh Manulife Institutional Equity Fund sebesar 77,44%.

Lalu reksadana campuran yang tertinggi dipegang oleh Jarvis Balanced Fund dengan tumbuh sebesar 89,49%.

Sementara untuk reksadana pendapatan tetap, return tertinggi dipegang oleh Mega Asset Mantap Plus sebesar 31,56%. Lalu untuk reksadana pasar uang, PNM Faaza jadi yang tertinggi dengan return sebesar 8,64%.

Baca Juga: Reksadana berbasis saham jadi incaran bulan lalu, ini yang jadi faktor pendukungnya

Berikutnya, reksadana indeks & ETF yang memiliki return tertinggi adalah Premiere ETF Indonesia State-Owned Companies sebesar 55,76%. Kemudian, return reksadana pendapatan tetap USD dipegang oleh Cipta Obligasi USD sebesar 15,31%.

Selanjutnya: Reksadana berbasis saham jadi incaran investor sepanjang bulan April 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi