Rencana akuisisi Samsung giring saham ke posisi terendah 2009



SEOUL. Samsung SDI Co, produsen baterai mobil listrik asal Korea berambisi melakukan ekspansi bisnis. Rencananya, perusahaan akan membeli unit bisnis Samsung Electronics di bisnis penjualan solar. Nilai transaksi akuisisi tersebut mencapai 160,8 miliar won atau setara dengan US$ 149 juta.

Namun, rencana ini langsung disambut negatif oleh bursa saham. Sebab, investor khawatir pembayaran atas akuisisi ini tak dilakukan dalam waktu dekat. Saham Samsung langsung jatuh 8,5% ke 183.500 won. Ini merupakan penurunan paling tajam sejak Mei 2009.

"Bisnis ini membutuhkan investasi yang sangat besar dan tidak akan mungkin memberikan kontribusi terhadap pendapatan Samsung SDI dalam kurun dua tahun," ujar Hwang Joon Ho, analis Daewoo Securities Co, menulis dalam laporannya hari ini. Ia memangkas peringkat saham Samsung dari yang semula beli untuk jangka panjang menjadi beli untuk trading.


Im Jeong Jae, manajer investasi Seoul Shinhan BNP Paribas Asset Management Co mengatakan pasar khawatir terhadap sumber pendanaan akuisisi ini.

Editor: