Resep Sip: Sapi lokal, bumbu rempah tradisional



Soto khas dari Madura, Jawa Timur, di kedai Soto Sip memiliki rasa kuah yang segar dan daging yang lezat lagi empuk. Kekuatan sajian terletak pada racikan bumbu rempah yang khas dan daging sapi lokal yang mampu menyerap bumbu itu.

Masakan khas Madura tak hanya sate, nasi ikan, atau pecel. Ada juga menu soto madura. Bagi Anda yang menyukai masakan berkuah, soto madura layak berada dalam daftar makanan yang harus Anda cicipi.

Di Jakarta dan sekitarnya, ada banyak penjual soto madura. Masing-masing punya keunggulan yang berbeda. Rekomendasi KONTAN kali ini adalah kedai Soto Sip Asli Madura.


Rumah makan ini sudah berdiri sejak sembilan tahun lalu dan kini memiliki tiga cabang. Awalnya, Soto Sip berdiri di Jalan Panjang, Arteri Kelapa Dua, Jakarta Barat. Setelah tiga tahun beroperasi, pengelola Soto Sip Minarni Kusumawati membuka lokasi baru di kawasan Cikarang, Jawa Barat, dan Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, Banten. “Sejak awal 2011, pusat Soto Sip di Arteri Kelapa Dua pindah ke Arteri Permata Hijau,” kata Minarni yang memiliki sapaan akrab Bu Ming.

Soto Sip menyajikan soto dengan kuah bening. Soto daging dan soto campur menjadi menu andalan Soto Sip. Sejak enam bulan lalu, ada menu baru Soto Sip, yaitu soto iga dan soto kikil. Untuk soto daging, Bu Ming mengklaim kedainya menggunakan daging sapi pilihan, tanpa campuran lemak. Adapun menu soto campur berisi aneka ragam jeroan mulai dari usus, ati, babat, dan lainnya.

Dia mengaku selalu mengolah daging sapi lokal sebagai bahan baku. Pemilihan daging sapi ini punya sedikit cerita. Suatu ketika, Bu Ming mendapat tawaran daging sapi impor dari koleganya. Lantaran sungkan, walau harga daging itu lebih mahal, dia membeli daging sapi impor. Pikirnya, hitung-hitung memanjakan konsumen, karena serat daging sapi impor lebih halus dan lebih empuk saat digigit.

Baru tiga hari berjalan, banyak pelanggan mengeluhkan rasa soto yang tidak seperti biasanya, khususnya daging. Selidik punya selidik, racikan bumbu rempah-rempah khas soto madura rupanya tak bisa terserap di daging sapi impor. “Saya pakai daging sapi lokal saja yang bisa menyerap bumbu kami,” kata Bu Ming.

Soal racikan bumbu, sejak awal pendirian Soto Sip, Bu Ming sudah berpartner dengan pembuat soto khas Madura yang jago. Dia menyebut bumbu Soto Sip berasal dari racikan bumbu rempah-rempah tradisional.

Potongan daging besar

Kisah Bu Ming di atas terbukti kala soto terhidang di meja. Baik soto campur, daging, atau kikil, sama-sama menyajikan potongan daging atau jeroan yang besar, setara gabungan dua ibu jari orang dewasa. Begitu juga daging yang menempel iga sapi di soto iga.

Buang segera pikiran tentang mengunyah daging atau kikil yang alot. Daging sapi olahan Soto Sip sungguh markosip lantaran empuk. Klaim Bu Ming soal bumbu yang meresap ke dalam daging juga terbukti. Anda tak perlu repot mengunyah kikil. Saking empuk, kikil seperti mencair di mulut Anda.

Nah, sebelum mencampur dengan kecap, perasan jeruk limau, dan sambal sesuai selera, seruput dulu sesendok kuah soto pesanan Anda. Kuah soto yang segar dari campuran kaldu dan rempah mengaliri saluran pencernaan Anda.

Berikutnya, segera ambil nasi putih yang menjadi pasangan serasi aneka makanan khas daerah di Indonesia. Bedanya, nasi berukuran sekepalan tangan dan berbalut daun pisang sudah terhidang di meja. “Aslinya, nasi berbungkus daun jati. Karena sulit mendapat daun jati, kami ganti dengan daun pisang,” kata Bu Ming.

Selain empat jenis soto di atas, Soto Sip juga memiliki soto buntut dan susu telor. Tak cuma soto, kedai ini juga menyediakan menu pilihan lain, masih seputar masakan Jawa Timur. Bu Ming selalu menyiapkan rawon, bebek goreng khas Madura, ayam goreng, dan nasi pecel. “Peminat menu di luar soto juga cukup banyak,” kata Bu Ming.

Perkara harga, aneka makanan tadi berbanderol seputar Rp 15.000–Rp 30.000 per porsi. Bila Anda ingin menyantap seporsi soto daging dan soto campur, siapkan duit Rp 18.500 dan Rp 17.500. Sedangkan harga setangkup nasi di Soto Sip ini Rp 4.000. Untuk minuman, Soto Sip menjual beragam jus buah segar dan minuman lainnya. Harga segelas jus buah Rp 7.500.

Anda bisa memilih untuk mengunjungi kedai Soto Sip yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda. Bu Ming mengatakan kedainya mulai beroperasi dari pukul 09.00 hingga pukul 20.00 WIB. “Tapi, kalau ada permintaan, kami bisa melayani sampai tengah malam,” kata Bu Ming.

Tiap gerai berbeda karakter pembeli

Ada yang unik dari setiap gerai Soto Sip Asli Madura. Bu Ming mengatakan, tiap kedai memiliki karakter pembeli yang berlainan.

Karakter pembeli ini terlihat dari jenis soto yang paling banyak dipesan. Bu Ming menyebut para pembeli Soto Sip di Arteri Permata Hijau cenderung lebih peduli akan kesehatan, lantaran banyak yang bekerja kantoran. “Mereka lebih suka memesan soto daging yang tanpa lemak,” kata Bu Ming.

Adapun pembeli Soto Sip di Cikarang lebih suka memesan soto campur yang berisi aneka ragam jeroan. Sedangkan konsumen di BSD menyukai kedua menu andalan Soto Sip tersebut.

Saban hari, ketiga gerai Soto Sip menghabiskan 20 kg–23 kg daging sapi dan 7 kg–8 kg jeroan. Dari daging dan jeroan sebanyak ini bisa menghasilkan 160 porsi soto. Adapun kebutuhan bebek dan ayam di tiga gerai ini mencapai 40 ekor per pekan.

Bu Ming mengakui Soto Sip di Arteri Permata Hijau kalah ramai dari dua gerai lainnya. Gerai paling ramai berada di Cikarang. “Karena lokasi ini masih baru,” kata Bu Ming.

Tapi, kedai pusat Soto Sip ini milik sendiri. Makanya, empunya Soto Sip, Hengky Adisaputro Lee, bisa menata gerai ini sesuai selera. Dua kedai lainnya berupa ruko sewaan.

Lantaran menyukai furnitur dan kayu jati, dia membuat bangunan tiga lantai berbahan utama kayu. Lantai dasar khusus untuk parkir kendaraan dan dua lantai di atasnya untuk menjamu pembeli. Di ruang santap, Hengky memasang gebyok khas Madura. Meja makan pun berasal dari kayu jati utuh berukuran panjang 4 m dan lebar 1,5 m. “Adik saya memang hobi mengoleksi kayu dan furnitur antik,” kata Bu Ming.

Soto Sip Asli Madura? Jl. Arteri Permata Hijau No. 8 Jaksel, (021) 70182559? Ruko Plaza Roxy, Jl. Kasuari Raya Blok B No. 12, Cikarang Baru, Bekasi, (021) 89833905? Ruko Versailles FG No. 3 BSD City, Tangerang Selatan, telepon (021) 5371872.

(Mingguan KONTAN, edisi 28 Februari - 6 Maret 2011)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test