Resmi, Jerman jadi tuan rumah piala Eropa 2024



KONTAN.CO.ID - DW. Keputusan diumumkan oleh Presiden UEFA Aleksander Ceferin pada Kamis (27/09) di Nyon, Swiss. Mayoritas Komite Eksekutif UEFA yang beranggotakan 17 orang memilih Jerman sebagai tuan rumah Piala Eropa 2024. "Prosedurnya transparan, pemilihannya demokratis. Setiap keputusan demokratis adalah keputusan yang tepat," kata Ceferin.

Philipp Lahm, mantan kapten Timnas Jerman ikut merayakan keputusan UEFA tersebut. "Kami memiliki stadion yang luar biasa, penggemar yang menyukai sepak bola, pertama dan terutama kami memiliki orang-orang yang suka berpesta dengan orang Eropa lainnya. Kami akan menyelenggarakan pesta sepak bola besar di Jerman," ujarnya.

Kiper andalan Jerman sekaligus kapten Timnas Manuel Neuer juga unggah komentar di laman Facebook-nya. "Untuk sepak bola Jerman, ini adalah hal yang hebat bahwa kami akan menyelenggarakan Piala Eropa 2024. Saya menantikannya, walau saya tidak bisa berjanji untuk tampil," katanya.

Stadion Allianz Arena kandang Bayern Munchen, Westfalenstadion kandang Borussia Dortmund, dan Olympiastadion kandang Hertha Berlin akan dijadikan lokasi penyelenggaraan turnamen. Sementara kota-kota besar seperti Stuttgart, Hamburg, Düsseldorf, Köln, Leipzig, dan Frankfurt juga akan menyediakan stadion-stadionnya untuk Piala Eropa 2024.

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti