Resmi Melantai di BEI, Esta Indonesia (NEST) Bakal Perkuat Ekspor



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan perdagangan sarang burung walet, PT Esta Indonesia Tbk (NEST) berhasil meraup dana segar Rp 164,5 miliar dari gelaran penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO). 

Dalam hajatannya, NEST menawarkan maksimal 822,50 juta saham biasa di harga Rp 200 per saham. Ini setara dengan 20% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh. 

Pertama, sekitar 7,5% akan digunakan untuk belanja modal berupa pembelian enam bidang tanah dan bangunan di Poso, Sulawesi Selatan, yang akan difungsikan sebagai rumah salah burung walet. 


Baca Juga: Resmi melantai di BEI, Esta Indonesia (NEST) Jadi Emiten ke-34 di 2024

Kedua, sekitar 18,93% akan digunakan untuk penyetoran modal kepada entitas anak, yaitu PT Tunas Esta Indonesia untuk membeli enam bidang tanah dan bangunan untuk operasional dan pabrik. 

Sisanya akan digunakan untuk modal kerja guna, di antaranya untuk membeli bahan baku, pembayaran gaji, pembelian alat dan bahan pendukung kegiatan serta biaya operasional lainnya. 

Direktur Utama Esta Indonesia, Anton Siswanto, menuturkan dengan adanya pabrik baru, diharapkan tingkat produksi dan ekspor sarang burung walet NEST bisa meningkat tahun ini. 

"Saat ini pabrik sudah dalam pembangunan, bahkan susah memasuki proses penyelesaian. Mungkin tahun ini sudah bisa selesai," jelasnya saat ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (8/8). 

Baca Juga: Masuk Periode Penawaran Umum, Cek harga Saham Perdana DOSS dan NEST

Biasanya, NEST bisa mengekspor 20 ton–50 ton setiap tahunnya. Adapun China menjadi negara tujuan utama ekspor NEST dengan mitra terbesar, yakni Xiamen Yan Palace Bird's Nest Industry Co., Ltd. 

"Mayoritas kami ekspor ke China, tetapi kami juga mengirim ke pasar di Singapura, Amerika, Australia dan di Jepang tapi dengan porsi yang sedikit," kata Anton.

Selanjutnya: Promo Guardian Super Hemat 8-21 Agustus 2024, Tambah Rp 1.000 Dapat 2 Sunscreen Biore

Menarik Dibaca: Promo Guardian Super Hemat 8-21 Agustus 2024, Tambah Rp 1.000 Dapat 2 Sunscreen Biore

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli