Resmikan Pabrik Terbesar, Samator Gas Industri (AGII) Gelontorkan Rp500 miliar



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan gas PT Samator Indo Gas Tbk (AGII) meresmikan pabrik di Kawasan Industri Terpadu Batang atau KIT Batang, Jawa Tengah.

Pabrik yang berdiri di atas lahan seluas 28.010 meter persegi ini merupakan fasilitas terbesar Samator di Indonesia, dan menjadi bagian penting dari pengembangan industri gas nasional.

Rachmad Harsono, Direktur Utama Samator menyatakan, fasilitas ini tidak hanya terbesar di antara pabrik-pabrik yang dimiliki perseroan.  


"Tetapi juga dilengkapi dengan teknologi energi terbarukan, seperti solar panel, untuk mendukung operasional yang lebih ramah lingkungan," jelas Rachmad dalam keterangan tertulis, Selasa (1/10/2024).

Baca Juga: Samator Indo Gas (AGII) Eksplorasi Potensi Bisnis EOR dan CCUS

Ia menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk memasok gas industri ke seluruh tenant di KIT Batang serta kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sementara itu, Direktur Utama KIT Batang Ngurah Wirawan menuturkan, pihaknya selalu berkomitmen menyediakan infrastruktur terbaik yang mendukung pertumbuhan tenant.

"Dengan hadirnya pabrik Samator yang modern ini, kami semakin yakin bahwa KITB dapat menjadi kawasan industri yang hijau, pintar, dan berkelanjutan,” ujarnya.

Melalui investasi sebesar Rp 500 miliar, Samator menghadirkan keunggulan fasilitas pabrik di KIT Batang dengan teknologi Air Separation Units (ASU) 7000 untuk mengoptimalkan proses produksi.

Dengan kemampuan menghasilkan 7.000 Liquid Oxygen (LOX), 7.000 Liquid Nitrogen (LIN), dan 280 Liquid Argon (LAR), pabrik ke-56 Samator ini mampu menghasilkan kapasitas produksi yang terbesar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan oksigen secara masif bagi industri. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perusahaan Gas Samator Resmikan Pabrik di KIT Batang", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2024/10/01/195752326/perusahaan-gas-samator-resmikan-pabrik-di-kit-batang.  

Selanjutnya: Shin Tae-yong Siapkan 27 Pemain untuk Hadapi Bahrain dan China, Ini Daftarnya

Menarik Dibaca: Shin Tae Yong Umumkan 27 Pemain Timnas Indonesia untuk Menghadapi Bahrain dan China

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih