Respati Ardi Maju Pilkada Solo 2024 Gantikan Gusti Bhre



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua HIPMI Kota Solo, Respati Ardi menggantikan KGPAA Mangkunegara X atau Gusti Bhre untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng) 2024.

Pengusungan Ardi ini merupakan hasil kesepakatan dari koalisi partai politik (parpol) yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), PartaI.

Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).


Kemunculan nama Respati Ardi ini terkesan mendadak. Karena pada Selasa (27/8/2024), parpol pendukung masih merekomendasikan Gusti Bhre.

"Namun selang beberapa jam, kami mendapatkan kabar mundurnya Gusti Bhre dari pencalonan di Pilkada Solo," jelas Sekretaris DPD Partai Golkar Solo, Taufiqurrahman, pada Rabu (28/8/2024).

Baca Juga: Pura Mangkunegaraan Buka Suara Terkait Mundurnya Gusti Bhre di Pilkada Solo

Hanya beberapa jam setelah pengunduran diri Gusti Bhre, muncul nama Respati Ardi yang akan mendampingi Rektor Universitas Surakarta (Unsa) Astrid Widayani untuk mendaftar ke KPU Kota Solo.

Taufiqurrahman mengungkap, usai Gusti Bhre mundur dari pencalonan, pihaknya langsung menghubungi Partai Politik pusat dan tidak ada komentar.

"Tadi malam langsung ada keputusan bahwa Respati Ardi menduduki calon wali kota. Ini tiba-tiba muncul. Karena dia (Respati Ardi), ketua HIPMI jadi bisa diterima oleh siapapun," kata Taufiqurrahman.

Lebih lanjut, Taufiqurrahman menyatakan bahwa Ardi memiliki latar belakang sebagai pengusaha dan telah menjabat lebih dari satu tahun sebagai Ketua HIPMI Solo.

"Karena punya latar belakang, dan sangat dibutuhkan di Solo untuk membangun UMKM di Kota Solo," jelasnya.

Dia juga menilai Ardi sebagai sosok pemimpin yang pendiam dan penuh perhitungan sehingga dianggap mampu meneruskan kepemimpinan Gibran Rakabuming Raka.

"Saya melihat kualitasnya insyaallah baik. Yang penting bisa meneruskan kepemimpinan Mas Gibran, program apapun," tambahnya.

Sehari menjelang penutupan pendaftaran bakal calon di KPU Solo, parpol pendukung sedang mengupayakan rekomendasi dari partai-partai untuk mengusung Respati Ardi dan Astrid Widayani.

"Hari ini kami mengurus rekomendasi ke partainya masing-masing. Karena rekomendasi kemarin ke Gusti Bhre sudah turun semua. Jadi koalisi 6 partai ini tetap berjalan dengan figur Respati Ardi, jadi tetap kita dukung," tegas Taufiqurrahman.

Baca Juga: Alasan Keluarga, Gusti Bhre Mundur sebagai Cawalkot di Pilkada Solo

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Respati Ardi Maju Pilkada Solo 2024 Gantikan Gusti Bhre", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2024/08/28/130033478/respati-ardi-maju-pilkada-solo-2024-gantikan-gusti-bhre.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati