Retret di Magelang, Prabowo Tidak Bermaksud Militeristik



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden RI Prabowo Subianto menegaskan bahwa ia tak bermaksud militeristik dengan menggelar retret Kabinet Merah Putih di Akademi Militer, Magelang. 

Prabowo menyebut, kegiatan yang diisi baris berbaris itu merupakan ‘The Military Way’ yang biasa dilakukan di pemerintahan. 

Bahkan kata dia, kegiatan juga dilakukan oleh perusahaan-perusahaan guna menyelaraskan kedisiplinan dan kesetiaan pada bangsa dan negara. 


“Saya tidak bermaksud membuat Anda militeristik, salah, bukan itu. The military way ditiru oleh banyak pemerintah terutama perusahaan-perusahaan," kata Prabowo dikutip dari keterangan pers Tim Komunikasi dan Media Prabowo, Jumat (25/10/2024). 

Kepala Negara menuturkan, kegiatan ini memiliki inti kedisiplinan dan kesetiaan.

Baca Juga: Retret di Magelang, Prabowo Ingat Jajaran Menteri Jangan Mau Didikte Asing

"The military way inti dari semua perusahaan adalah disiplin. Kedua, kesetiaan benar-benar minta saudara tidak setia kepada Prabowo, setia kepada bangsa dan negara Indonesia,” jelasnya. 

Dalam pengarahan itu pula, Prabowo meminta komitmen kementerian dan lembaga untuk bekerja mengentaskan kemiskinan, menyukseskan program makan bergizi gratis, pemberantasan korupsi, swasembada pangan, hingga swasembada energi. 

Ia pun mengangkat sumpah untuk mempertahankan bangsa dan negara. 

“Saya di sini mengangkat sumpah untuk mempertahankan bangsa dan negara, setia kepada bangsa dan negara kita semua,” ujar Prabowo. 

Di akhir acara pengarahan, Prabowo bersama dengan jajaran Menteri dan Wakil Menteri kompak menutup kegiatan pengarahan dengan foto bersama sembari menyemarakkan yel-yel. 

“Merah Putih!”, ujar serempak Presiden Prabowo bersama Menteri dan Wakil Menteri. 

Sebagai informasi, para menteri pada kesempatan itu kompak memakai seragam kemeja berwarna putih dan bawahan celana hitam. Mereka dikumpulkan di tengah-tengah kawasan Borobudur Golf yang asri dan sejuk.

Baca Juga: Hari Pertama di Akmil Magelang, Menteri-Menteri Prabowo Dibangunkan Pukul 04.00 Pagi

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Retret Menteri di Akmil, Prabowo: Saya Tak Bermaksud Militeristik", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/10/25/15570301/retret-menteri-di-akmil-prabowo-saya-tak-bermaksud-militeristik.

Selanjutnya: Emiten Prajogo Pangestu (BRPT) Cari Waktu Bawa IPO Anak Usaha Properti

Menarik Dibaca: 25 Kartu Ucapan Sumpah Pemuda 2024 Terbaru untuk Menambah Semangat Pemuda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati